Muaradua (ANTARA) - Bank BRI Cabang Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan mendistribusikan sebanyak 500 keping Kartu Tani kepada ratusan petani di daerah itu.

Kepala Unit BRI Muaradua, Deni Bachtiar di Muaradua ibu Kota Kabupaten OKU Selatan, Minggu mengatakan, ratusan keping Kartu Tani tersebut didistribusikan secara bertahap kepada petani yang tersebar di beberapa desa di wilayah itu.

Kelompok tani yang menerima kartu tersebut tersebar di empat desa meliputi Desa Bumi Agung Jaya, Desa Bumi Jaya, Sukajaya dan Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan.

"Untuk tahap awal kartu ini didistribusikan kepada kelompok tani di empat desa di OKU Selatan," katanya.

Penyaluran Kartu Tani itu juga dilakukan dengan cara jemput bola ke desa-desa lainnya dengan target lebih dari 100 ribu keping yang akan didistribusikan pada tahun ini.

Baca juga: KSP: Kartu Tani tingkatkan akurasi penyaluran pupuk bersubsidi Adapun fungsi dari Kartu Tani ini yaitu untuk mempermudah petani dalam membeli pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau di kios pengecer yang telah ditunjuk oleh pemerintah daerah setempat.

Para pemegang kartu tinggal membawa Kartu Tani ke agen atau pengecer yang telah ditunjuk untuk mendapat pupuk bersubsidi guna kebutuhan bercocok tanam.

Selain itu, Kartu Tani juga berfungsi untuk menabung dari hasil panen yang dapat langsung tersimpan di kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Jadi banyak sekali fungsi Kartu Tani yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang bisa digunakan dengan mudah dan praktis," ujarnya.

Baca juga: Baru 5,03 persen petani gunakan Kartu Tani untuk dapat pupuk subsidi

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022