Pekanbaru (ANTARA) - Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera jebak (camera trap) usai seorang pekerja kebun di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, diserang harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) pada Sabtu (22/10).

Kepala BBKSDA Riau Genman S di Pekanbaru, Minggu, mengatakan, setelah mendapatkan laporan serangan harimau tersebut, tim BBKSDA langsung turun untuk melakukan langkah awal mitigasi interaksi negatif dengan memasang kamera jebak, mengimbau, mengedukasi dan menyosialisasikan terkait upaya mitigasi konflik satwa ini..

Baca juga: Seekor anjing di Matua Agam kembali dimangsa harimau

Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan patroli perlindungan harimau agar kembali membangun rasa aman para pekerja kontraktor PT Arara Abadi di Distrik Merawang, Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak perusahaan terkait implementasi SOP pelaksanaan kegiatan lapangan dan pengawasannya agar dapat mengantisipasi kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari," ujar Genman.

Baca juga: China laporkan peningkatan jumlah harimau liar berkat upaya konservasi

Sebelumnya, Adi Saputra (37) di Distrik Merawang, Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti diserang harimau hingga mengakibatkan luka..

Peristiwa tersebut terjadi saat seluruh pekerja tidur. Korban tiba-tiba terbangun dan melihat ada seekor harimau berjarak sekitar 2 meter darinya.

Baca juga: Aktivis minta pelaku penyebab matinya harimau di Aceh dihukum berat

Korban sontak berteriak keras untuk membangunkan pekerja lainnya dan membuat harimau terkejut. Satwa loreng tersebut seketika menyerang korban yang sedang dalam posisi duduk.

Saat diserang, tangan kiri korban memegang kaki harimau dan tangan kanan korban memegang badan satwa itu sebagai upaya perlawanan. Namun kepala korban sudah terkena cakaran kucing raksasa tersebut.

Baca juga: Pemkot Solok dirikan posko gabungan pengamanan satwa liar di galeri 88

Korban dan pekerja lainnya mencoba untuk mengusir harimau, namun harimau tersebut enggan pergi dan malah masuk ke dalam kamp dan mengitarinya.

Usai harimau berhasil dihalau, korban segera dibawa ke klinik perusahaan untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan medis. Akibat diserang harimau tersebut, korban mengalami luka robek di kepala atas sehingga mendapatkan 20 jahitan.

Baca juga: Jalan tobat seorang pemburu harimau
Baca juga: Direktur KLHK: Pembalakan liar ancam kepunahan harimau sumatera

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa F
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022