agar setiap masyarakat Indonesia menyadari risiko osteoporosis
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) dan PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol berkolaborasi menggelar puncak Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2022 di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu untuk kampanye  mengenai risiko osteoporosis.

"Di Indonesia, kurangnya pemahaman tentang pentingnya aktivitas fisik, nutrisi, dan pola makan dengan gizi seimbang diyakini sebagai penyebab meningkatnya jumlah pasien osteoporosis. Bahkan, menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, 2 dari 5 penduduk Indonesia diperkirakan berisiko osteoporosis," kata Ketua Umum Perwatusi Anita A. Hutagalung.

"Oleh karenanya Perwatusi bersama-sama dengan Entrasol berkomitmen untuk mengurangi angka kejadian osteoporosis dan berinisiatif melakukan kegiatan ini agar setiap masyarakat Indonesia menyadari risiko osteoporosis sehingga tahu bagaimana dapat mencegahnya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, perayaan Hari Osteoporosis Nasional digelar serentak hingga November 2022 di 12 provinsi, 47 kabupaten, dan lima kota (Jakarta, Sukabumi, Banten, Sidoarjo, dan Palembang), dengan mengangkat tema "Indonesia Bergerak: Tulang Kuat, Jantung Sehat".

Baca juga: Pentingnya 1000 HPK untuk cegah osteoporosis sejak dini
Baca juga: Dokter: Jaga kesehatan tulang dengan kombinasi nutrisi

Selain diberikan edukasi, ribuan peserta juga diajak melakukan gerakan 30 Minutes Everyday serta pemeriksaan kepadatan tulang dan massa otot secara gratis untuk mendeteksi dini risiko osteoporosis. Aktivitas ini pun berhasil memecahkan rekor MURI sebagai "Pemeriksaan Kepadatan Tulang dan Massa Otot kepada Warga Indonesia Terbanyak".

Group Business Unit Head Adult Nutrition KALBE Nutritionals Christofer Samuel Lesmana berharap melalui peringatan HON, kesadaran masyarakat terhadap risiko osteoporosis dapat meningkat.

"Dengan tujuan untuk bersama-sama menyehatkan bangsa, kami berharap kegiatan ini menginspirasi dan menggerakkan masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatannya," ujar Christofer.

"Sehingga di masa depan, kita bisa mengharapkan Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif melalui aktivitas fisik dan nutrisi tepat setiap hari bersama Entrasol guna mencegah terjadinya osteoporosis sejak dini,” tutup dia.

Baca juga: Perwatusi: Hari Osteoporosis momentum jaga kepadatan tulang

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022