Jakarta (ANTARA) - Pebalap Pata Yamaha with Brixx, Toprak Razgatlioglu berhasil memenangkan Superpole Race World Superbike (WBSK) Argentina 2022 di sirkuit San Juan Villicium pada Minggu (23/10).

Razgatlioglu memulai balapan di pole position, tetapi pebalap asal Turki itu tidak bisa santai karena dibuntuti Jonathan Rea dan Alvaro Bautista di posisi 2 dan 3.

Razgatlioglu langsung melaju untuk berusaha kabur dari kejaran dua pesaing terbesarnya tersebut di Superpole WSBK Argentina 2022.

Jonathan Rea dari Kawasaki Racing Team berhasil menyalip Toprak pada lap ketiga. Sayang, P1 tidak bertahan lama dipegang Rea karena ia keluar trek di tikungan 1.

Situasi itu pun dimanfaatkan Razgatlioglu dan Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati) yang kemudian berduel sangat ketat di tiga balapan terakhir.

Setelah beberapa kali saling salip, Razgatliogu akhirnya berhasil memenangi Superpole Race berdurasi 10 lap (42,8 km) tersebut dengan total waktu 16:19,266 menit. Ia unggul hanya 0,613 detik atas Bautista di posisi kedua dan 0,856 detik atas Rea di podium ketiga.

Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati), Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK), Iker Lecuona (Team HRC-Honda), Axel Bassani (Motocorsa Racing-Ducati), Xavi Vierge (Team HRC-Honda), dan Loris Baz (Bonovo BMW) menempati P4 sampai P9.

Kesembilan pembalap tercepat di Superpole Race ini mendapatkan poin masing-masing 12-9-7-6-5-4-3-2-1 serta akan start di grid tersebut pada Race 2 pada Minggu siang waktu setempat atau Senin (24/10/2022) pukul 01:00 dini hari WIB.

Ini adalah kemenangan ke-11 Razgatlioglu di WSBK musim ini atau yang ke-29 sepanjang kariernya dan kemenangan ke-27 Razgatlioglu bersama Yamaha yang diperkuatnya sejak WSBK 2020.

Menjelang Race 2 WSBK Argentina, Alvaro Bautista masih memuncaki klasemen dengan 482 poin meskipun keunggulannya atas juara dunia bertahan Toprak Razgatlioglu di posisi kedua berkurang dari 80 menjadi 77 poin. Jonathan Rea masih berada di P3 dengan 386 poin.

Top 9 hasil Superpole Race Worls SuperBike Argentina 2022:
1. Toprak Razgatlioglu - Pata Yamaha with Brixx
2. Alvaro Bautista - Aruba.it Racing Ducati
3. Jonathan Rea - Kawasaki Racing Team
4. Michael Ruben Rinaldi - Aruba.it Racing Ducati
5. Alex Lowes - Kawasaki Racing Team
6. Iker Lecuona - Team HRC
7. Axel Bassani - Motocorsa Racing Ducati
8. Xavi Vierge - Team HRC
9. Loris Baz - Bonovo Action BMW

Baca juga: Alvaro Bautista juarai Race 1 di World Superbike Argentina
Baca juga: Victor Steeman meninggal dunia setelah kecelakaan WSSP 300 di Portugal
Baca juga: Remy Gardner pindah ke WorldSBK musim depan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022