Seoul (ANTARA) - Korea Utara pada Senin menembakkan 10 proyektil artileri di pantai barat wilayahnya, seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, KCNA.

Tembakan itu disebut dikeluarkan sebagai tanggapan atas tembakan peringatan yang dilakukan Korea Selatan terhadap sebuah kapal Korut yang melintasi perbatasan maritim Korut-Korsel.

Korut menembakkan 10 proyektil peluncur roket ganda sekitar pukul 05.15 waktu setempat setelah militer Korsel mengeluarkan tembakan peringatan pada sekitar pukul 03.50 dengan alasan bagian dari patroli, kata juru bicara Staf Umum Tentara Rakyat Korea Utara.

Kepala Staf Gabungan Korea Utara sementara itu mengatakan pihaknya telah mendorong keluar sebuah kapal dagang yang melintasi Garis Batas Utara (NLL), yang secara de facto merupakan pembatas maritim kedua Korea.

"Staf Umum Tentara Rakyat Korea ... diperintahkan untuk melepaskan 10 tembakan dari beberapa peluncur roket ganda untuk dengan tegas mendorong kapal musuh," kata juru bicara Korut seperti dikutip KCNA.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korut tembakkan peluru artileri untuk peringatkan Korsel
Baca juga: Korut tembakkan rudal ke laut, terbangkan jet tempur dekat Korsel

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022