Pembahasan akan dipusatkan pada upaya masyarakat internasional untuk mendukung rakyat Ukraina serta membuat Rusia mempertanggungjawabkan kejahatan perang dan upaya pencaplokan ilegal
Washington (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi, akan berangkat ke ibu kota Kroasia, Zagreb, menghadiri forum yang mendukung kebebasan Ukraina, kata kantornya, Minggu (23/10).

Forum tersebut juga ditujukan untuk menyokong pengembalian Semenanjung Krimea kepada Ukraina.

"Pembahasan akan dipusatkan pada upaya masyarakat internasional untuk mendukung rakyat Ukraina serta membuat Rusia mempertanggungjawabkan kejahatan perang dan upaya pencaplokan ilegal," kata kantor Pelosi melalui pernyataan.

Pelosi akan memberikan pidato pada forum tersebut dan "beliau akan menyampaikan pernyataan soal komitmen tak tergoyahkan dari Amerika untuk Ukraina," demikian bunyi pernyataan itu.

Baca juga: Putin kecam ledakan Jembatan Krimea sebagai aksi teroris

Pelosi pada awal tahun ini mengunjungi Ukraina. Ia selama ini merupakan pendukung kuat pemberian bantuan, termasuk bantuan militer, bagi Ukraina sejak Rusia memulai invasi ke negara itu pada 24 Februari.

Forum yang dimaksud, KTT Platform Krimea, akan menghadirkan kalangan pejabat pemerintah Ukraina dan pakar luar negeri sebagai pembicara.

Mereka akan memusatkan pembahasan pada "parameter integrasi Krimea" setelah Moskow mencaplok semenanjung di Eropa Timur itu dari Ukraina pada 2014.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia kembali tuding Ukraina dalang ledakan Jembatan Krimea
Baca juga: Putin: Gempuran massal di Ukraina balasan serangan jembatan Krimea

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022