Hutama Karya siap mendukung penerapan MLFF di seluruh ruas tol yang dikelola
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) siap mendukung penerapan teknologi sistem transaksi pembayaran tol nirsentuh tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di seluruh ruas tol yang dikelola.

"Hutama Karya siap mendukung penerapan MLFF di seluruh ruas tol yang dikelola," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, sebagai tahapan awal saat ini Hutama Karya masih fokus dalam persiapan uji coba yang akan diimplementasikan di Ruas JORR Seksi S (JORR-S) dan Akses Tanjung Priok (ATP).

"Adapun saat ini pemasangan tiang sensor MLFF pertama telah dilakukan di Ruas JORR-S tepatnya di KM 33+650," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melakukan pemasangan tiang sensor atau gantry sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) S.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan penerapan sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas tol. Adapun ruas mana yang akan diujicobakan, masih dalam tahap pembahasan.

Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

Pemasangan pertama tiang sensor (gantry) MLFF telah dilakukan di Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022, kemudian di Tol JORR S KM33+635 pada Minggu (23/10) sampai dengan Senin (24/10).

Baca juga: Kementerian PUPR pasang tiang sensor MLFF di Tol JORR S

Baca juga: BPJT PUPR siap sosialisasikan MLFF ke pemangku kepentingan dan publik

Baca juga: BPJT uji coba transaksi tol nirsentuh pada akhir tahun 2022

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022