dua slot ditanggung oleh Kementerian Perdagangan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pemerintah mendukung perhelatan Jakarta Fashion Week 2023 dengan harapan dapat melahirkan talenta fashion atau desainer lokal yang dapat menunjukkan karyanya di kancah internasional, misalnya New York Fashion Week hingga Paris Fashion Week.

Untuk itu, Zulkifli mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan siap menanggung biaya pendaftaran bagi perancang Indonesia yang ingin berkiprah di pameran mode berskala internasional.

“Saya mendengar bahwa untuk ikut dalam New York Fashion Week atau London Fashion Week atau Paris Fashion week ada kendala untuk dana membayar slot-nya,” kata Zulkifli kepada pewarta di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin.

“Saya sudah berunding dengan kementerian perdagangan, tahun depan New York Fashion Week atau London Fashion Week, dua slot ditanggung oleh Kementerian Perdagangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Zulkifli pun mengatakan bahwa dia percaya Indonesia akan mampu menembus pasar dunia karena memiliki talenta yang luar biasa di bidang fesyen.

“Saya percaya kita bisa menembus pasar dunia. Saya sudah saksikan, kita tidak kalah dengan negara mana pun. Dan kita punya talenta yang sangat luar biasa. Oleh karena itu saya kira Indonesia bisa menembus pasar dunia,” ujarnya.

Tak hanya itu, Zulkifli juga menyampaikan rasa bangga karena Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 telah membukukan nilai transaksi sekitar Rp200 miliar. Dengan demikian, ia berharap Jakarta Fashion Week bisa lebih hebat dan lebih maju, sekaligus mencatat nilai transaksi yang memuaskan.

“Kali ini ada Jakarta Fashion Week dan ini lebih besar. Saya harap akan lebih hebat dan lebih maju lagi. Saya datang kemari atas nama pemerintah untuk mendukung bapak ibu yang ada di sini agar bisnisnya bisa lebih besar dan lebih maju. Itulah tugas kami,” pungkasnya.

Jakarta Fashion Week 2023 akan berlangsung di Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, pada 24–30 Oktober 2022. Akan ada 34 penampilan dari 116 label dan perancang mode, baik nasional maupun internasional.

Akan ada lima peragaan busana yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB siang hingga 21.00 WIB yang juga bisa disaksikan secara daring.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2023 dimulai hari ini di Pondok Indah Mall

Baca juga: TACO dan HDII berkolaborasi di Jakarta Fashion Week 2023

Baca juga: Intip koleksi delapan desainer yang melenggang di JFW 2023


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022