Leona dan Leoni mempersiapkan diri untuk ikut audisi ini khusus selama 1,5 tahun
Kudus (ANTARA) - Dari total 51 peserta yang meraih Super Tiket Audisi Umum PB Djarum 2022, terdapat dua bocah kembar yang kompak lolos ke tahap karantina ajang pencarian bakat bulu tangkis usia dini itu.

Leona Affifa (10) dan Leoni Nindy Nareswari (10) asal Solo menjadi dua di antara 14 atlet putri U-11 yang meraih Super Tiket khusus pilihan tim pencari bakat PB Djarum. Adapun tim pencari bakat ini diisi oleh sejumlah legenda bulu tangkis Indonesia, antara lain Susy Susanti, Alan Budikusuma, Yuni Kartika, Ivana Lee, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Leona dan Leoni yang mengidolakan Tai Tzu Ying dan Chen Yufei itu mengaku tak menyangka keduanya bisa sama-sama lolos ke tahap karantina setelah sebelumnya harus kalah di fase gugur.

Baca juga: 51 peserta dapat Super Tiket Audisi Umum PB Djarum 2022

"Senang dan juga tidak menyangka kami berdua bisa lolos," kata Leoni di GOR Djarum, Kudus.

"Tapi seandainya hanya salah satu dari kami saja yang lolos, tidak apa-apa nanti kami bisa coba lagi tahun depan. Tapi ternyata kami berdua lolos bareng," kata Leona menambahkan.

Sementara itu, Ibu dari Leona dan Leoni, Yuliana (48) mengatakan bahwa kedua anaknya itu sangat ingin mengikuti audisi PB Djarum meskipun keduanya bisa dibilang baru mengenal bulu tangkis belum lama ini dan bahkan baru berlatih selama 1,5 tahun bersama ayahnya.

"Leona dan Leoni mempersiapkan diri untuk ikut audisi ini khusus selama 1,5 tahun. Dari yang belum bisa memegang raket, hingga sekarang mereka bisa ikut audisi. Bapaknya juga kan juga pelatih, kami sempat tanya dulu. Kalian mau enggak (ikut audisi), lalu dijawab mau dan langsung genjot jalan," ujar Yuliana.

Yuliana juga mengaku tak menyangka karena kedua anaknya sama-sama bisa lolos hingga tahap karantina mengingat gadis kembarnya itu hanya baru latihan intensif 1,5 bulan khusus untuk persiapan audisi PB Djarum.

"Karena mereka latihan bareng, lalu masuk pun bareng. Belum pernah terpisah sebelumnya biasanya. Jadi saya juga enggak mempersiapkan mental mereka kalau-kalau hanya salah satu dari mereka yang masuk. Karena enggak terpikir masuk juga, yang penting mereka berani tampil saja dulu," kata dia.

Baca juga: Audisi Umum PB Djarum tak batasi peserta penyandang disabilitas

Sebanyak 51 peserta berhasil meraih Super Tiket ajang pencarian bakat bulu tangkis usia dini Audisi Umum PB Djarum 2022 yang berlangsung pada 18-23 Oktober di GOR Djarum, Jati, Kudus.

Jumlah tersebut didapat dari dua jalur seleksi, terdiri atas 16 peserta jalur turnamen dan 35 peserta melalui jalur Super Tiket khusus pilihan tim pencari bakat PB Djarum.

Adapun sebanyak 51 peserta yang menerima Super Tiket Audisi Umum PB Djarum 2022 terdiri atas 16 atlet U-11 putri, 10 atlet U-11 putra, 9 atlet U-13 putri, dan 16 atlet U-13 putra.

Audisi Umum 2022 diikuti sekitar 2.300 peserta. Para atlet yang mendapat Super Tiket sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi mulai dari skrining tahap I, skrining tahap II, sebelum para atlet tersebut saling diadu untuk mendapatkan pemain terbaik dalam fase gugur turnamen yang diikuti 543 peserta.

Meski sudah mendapat Super Tiket, para peserta tersebut belum resmi benar-benar dinyatakan lolos terpilih sebagai atlet binaan PB Djarum karena masih harus melalui masa karantina selama tiga pekan.

Ada beberapa tes yang akan dilakukan selama karantina, mulai dari tes fisik, tes kesehatan, dan tes psikotes yang terdiri atas tes penalaran untuk melihat kecerdasan atlet dalam bermain dan cara mengatasi masalah di lapangan.

Baca juga: Tim Pencari Bakat PB Djarum kantongi kandidat penerima Super Tiket

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022