Ini sangat efektif mengurangi jutaan sampah kantong plastik
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan bekerja sama dengan bank sampah induk setempat mengirim sebanyak 11,7 ton sampah plastik daur ulang ke pabrik biji plastik Surabaya, Jawa Timur.

Pengiriman besar sampah plastik daur ulang ke Kota Pahlawan tersebut dilepas langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Direktur Bank Sampah Induk Baiman Kota Banjarmasin Fathurrahman di halaman Balaikota, Senin.

Menurut Wali Kota Banjarmasin, bahan plastik hasil daur ulang yang dikirim menggunakan truk kontainer ini merupakan pencacahan kumpulan plastik yang ada di Kota Banjarmasin di bank sampah induk.

"Ini sebuah prestasi yang sangat menggembirakan dan mudah mudahan 11,7 ton plastik yang dikirim hari ini bisa memberikan sumbangsih untuk pengurangan sampah plastik di Banjarmasin," ucapnya.

Ibnu berharap, pengiriman bahan plastik terpilah dari Banjarmasin ke Surabaya itu bisa meningkatkan nilai sirkula ekonomi di Kota Banjarmasin sehingga sampah plastik mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Baca juga: Bank sampah Induk Banjarmasin buat layanan jemput sedekah sampah

Baca juga: Banjarmasin sudah mampu turunkan 26,7 persen sampah plastik


Dia memberikan semangat kepada 309 bank sampah yang ada di Kota Banjarmasin untuk mengumpulkan dan memilah sampah, khususnya sampah plastik agar mengurangi timbunan di Kota Banjarmasin.

"Moga ke depan daerah kita miliki pabrik biji plastik seperti di Surabaya," tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love sebelumnya mengatakan, dengan bantuan ratusan bank sampah, sekitar 26,7 persen sampah plastik dapat ditangani dengan baik.

Menurut dia, kebijakan strategi daerah Kota Banjarmasin untuk mengurangi sampah plastik pada sumbernya berjalan efektif bahkan jadi contoh daerah di Indonesia.

Ia mengatakan yang menjadi contoh nyata adalah implementasi Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 18 tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik bagi ritel dan toko modern.

"Ini sangat efektif mengurangi jutaan sampah kantong plastik setiap tahunnya jadi masalah lingkungan," tuturnya.

Sebab, lanjut Alive, produksi sampah di Kota Banjarmasin setiap harinya mencapai 700 ton, di mana sebagiannya sampah plastik yang membutuhkan waktu sangat lama terurai jika tertanam di bumi.

Baca juga: Banjarmasin buat solusi rumah sampah untuk hapus TPS

Baca juga: Banjarmasin miliki 309 unit usaha bank sampah


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022