menangani 29 kasus yang diduga gangguan ginjal akut, 22 di antaranya meninggal, lima sembuh
Banda Aceh (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh menyatakan sebanyak lima pasien anak penderita gangguan ginjal akut yang menjalani perawatan di rumah sakit itu sudah dinyatakan sembuh.

"Untuk sementara ini sebanyak lima orang sudah dinyatakan sembuh," kata Direktur RSUZA Banda Aceh dr Isra Firmansyah di Banda Aceh, Senin.

Isra menyampaikan, pihaknya sejauh ini sudah menangani 29 kasus yang diduga gangguan ginjal akut, 22 di antaranya meninggal, lima sembuh dan dua orang lagi sedang dalam perawatan.

Ia menyampaikan dari dua yang masih dirawat tersebut yakni satu anak sudah mulai membaik, dan seorang lagi yang baru masuk menjalani perawatan intensif di ruang ICU, karena harus melakukan cuci darah.

"Satu orang dirawat di ICU, dan sudah ke tahap cuci darah. Satu lagi alhamdulillah sudah keluar urine-nya dan tahap penyembuhan, ini dalam pemantauan kami secara intensif," ujarnya.

Baca juga: IDI Aceh sebut pandemi belum berakhir warga harus waspadai varian XBB

Baca juga: IDI perintahkan dokter di Aceh edukasi warga soal gagal ginjal akut


Isra menyebutkan pasien yang melakukan cuci darah tersebut baru dua hari dirawat RSUZA setelah dirujuk dari RSU Mufid Sigli. Pasien tersebut mengalami gejala demam, muntah dan urine-nya berkurang.

Selain itu, Isra menegaskan bahwa penyebab sebenarnya dari gangguan ginjal akut tersebut sejauh ini belum diketahui karena tergolong baru. Maka dari itu saat ini Kemenkes juga sedang melakukan penelitian.

Dalam kesempatan ini, Isra juga mengingatkan masyarakat jika mengetahui anaknya demam, mual-mual, muntah dan urine-nya berkurang tidak boleh panik, melainkan harus segera dibawa ke rumah sakit atau mendatangi dokter spesialis.

Kemudian, lanjut Isra, jika seorang anak mengalami demam maka berikan air putih minimal satu setengah liter per hari untuk menurunkan demamnya atau membantu mengeluarkan urine mereka.

"Jangan membalur anak dengan minyak karena bisa menutupi pori-pori dan keringat mereka tidak bisa keluar, karena itu dikhawatirkan bisa berefek pada hal yang tidak kita inginkan. Tapi berikan mereka air yang cukup, dan cari rumah sakit," demikian dr Isra Firmansyah.

Baca juga: IDAI Aceh: 22 dari 29 anak penderita gagal ginjal akut meninggal

Baca juga: Dinkes Aceh Timur larang Puskesmas resepkan obat sirop

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022