Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan produk-produk ekonomi kreatif dari Sumatera Selatan harus dibantu agar bisa lebih maju dan sukses.

Karena itu, pihaknya menyediakan Pop Up Booth untuk menampilkan 30 produk kreatif yang terdiri dari produk fesyen, kuliner, dan kriya di Lobby lantai 1 Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Pop Up Booth diharapkan dapat memberikan awareness terhadap kegiatan ini dan menambah jumlah transaksi dari produk-produk kreatif peserta Beli Kreatif Sumatra Selatan (BKSS),” ucap Menparekraf dalam Weekly Brief With Sandi Uno, Jakarta, Selasa, lewat keterangan resmi.

Pada 18-20 November 2022, BKSS diadakan di Sumsel dengan keterlibatan 200 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Memasuki 19 November 2022, kegiatan dilanjutkan dengan Harvesting Ceremony.

“Selama tiga bulan, pemerintah melakukan pendampingan bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dengan BKSS mencanangkan beberapa program seperti melakukan segmentasi pasar, positioning, dan targeting. Kemudian, membuat penawaran yang menggoda pembeli, optimasi platform online hingga pengembangan pasar melalui e-commerce,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini.

Dia mengatakan bahwa kegiatan BKSS sudah berlangsung sejak acara Launching Beli Kreatif Sumatra Selatan pada 14 September 2022 di Griya Agung Gubernur Sumatra Selatan. Selanjutnya BKSS Fair yang dipadukan Pempek Expo pada 16-18 September 2022 di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

“Total enam ton Pempek didatangkan langsung dari Bumi Sriwijaya, ditambah hadirnya Musik Etnik Sumatera Selatan. BKSS ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, dan mengangkat potensi pariwisata Sumatra Selatan, seperti Pagar Alam yang terkenal karena kopinya dan kota Palembang yang identik dengan pempeknya,” ungkap dia.

Baca juga: Kemenparekraf dukung penyelenggaraan konser di Sumsel
Baca juga: Masyarakat pariwisata Sumsel gelar festival kopi
Baca juga: Menparekraf pastikan kelanjutan promosi wisata melalui kolaborasi

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022