Jakarta (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia menyerahkan 393 unit mobil listrik meliputi Ioniq 5 dan Genesis G80 kepada Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) untuk kendaraan resmi G20 Summit, Bali yang akan diselenggarakan pada 15 dan 16 November 2022.

"Dukungan penyediaan mobil listrik Hyundai dan Genesis sebagai kendaraan resmi delegasi G20 menjadi bukti dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia," ujar Young Tack Lee selaku President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters saat dijumpai di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Selasa.

Di sisi lain, pada acara Handover Ceremony Genesis Electrified G80 & Hyundai Ioniq 5, The Official Car For G20 Summit Indonesia 2022, Park Tae Sung selaku Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia juga menyampaikan rasa bangganya kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang telah menyiapkan kendaraan listrik untuk KTT G20 2022 Bali.

"Saya merasa bangga dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang telah mempersiapkan kendaraan listrik untuk KTT G20 2022 Bali," kata Park Tae Sung.

Tak hanya itu, Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Hyundai Motors Indonesia. Sebab, Hyundai menjadi pabrikan yang menyumbang kendaraan listrik paling banyak untuk KTT G20 2022 Bali.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Hyundai atas produksi Ioniq 5 di dalam negeri. Ini merupakan suatu langkah baik dari Korea Selatan dalam memperkenalkan teknologi ke Indonesia," kata Pratino.

“Terima kasih juga atas dukungannya dalam acara G20 Summit. Kita harap gelaran ini sukses dan terbaik di dunia khususnya dalam menghadapi tantangan economic crisis. Kita akan hadapi bersama," imbuhnya.

393 unit mobil yang diserahkan tersebut terdiri dari Genesis Electrified G80 dan Ioniq 5.

Hyundai menyediakan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang diproduksi secara eksklusif di Korea untuk G20, ditandai dengan logo G20 pada pilar, kemudian 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, serta 262 unit Hyundai IONIQ 5 yang diproduksi di Indonesia.

Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP, sedangkan Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan Hyundai IONIQ 5 akan digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Baca juga: Mensesneg terkesan dengan performa mobil listrik BZ4X

Baca juga: Toyota serahkan BZ4X & Lexus UX 300e kepada Setneg untuk KTT G20

Baca juga: Smoot dan Grab jadi kendaraan pengamanan lalulintas KTT G20 di Bali

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022