Brussels (ANTARA) - Para menteri energi Uni Eropa (EU) pada Selasa akan membahas batas harga gas di seluruh wilayah blok ekonomi tersebut.

Mereka berupaya menentukan langkah selanjutnya meski pembahasan itu kemungkinan akan berlangsung selama berminggu-minggu sebelum keputusan akhir diambil.

Mengingat belum ada usulan tentang batas harga yang disepakati, pertemuan para menteri EU di Luksemburg diharapkan untuk membahas prinsip-prinsip tentang cara mengimplementasikan batas harga gas di wilayah EU serta berbagai potensi kekurangan dalam penerapannya.

Eropa telah berusaha mengendalikan harga energi yang tinggi setelah Rusia memangkas pasokan gas menyusul invasinya ke Ukraina. Langkah Rusia itu membuat harga gas melonjak dan mendorong tarif listrik di Eropa mencapai rekor pada Agustus.

Namun, harga gas telah turun jauh di bawah level itu dalam beberapa hari terakhir, di tengah cuaca yang sejuk dan karena negara-negara telah mengisi tangki penyimpanannya.

Beberapa diplomat EU memperkirakan kondisi tersebut dapat mengurangi momentum untuk pembahasan batas biaya energi.

Komisi Eropa pekan lalu meminta persetujuan negara-negara EU untuk menyusun proposal batas harga perdagangan di pusat gas Belanda, Title Transfer Facility (TTF). Proposal itu dapat diajukan jika harga energi melonjak.

Beberapa hari kemudian, para pemimpin EU meminta "keputusan konkret" dari para menteri energi EU dan Komisi Eropa tentang gagasan proposal batas harga energi itu.

Para diplomat EU mengatakan bahwa pembicaraan pada Selasa dapat memberi lampu hijau bagi Komisi Eropa atas proposal itu.

Namun, beberapa negara mengatakan sedang mencari perincian lebih lanjut tentang bagaimana batas harga energi itu akan diterapkan.

"(Penerapan batas harga) itu tidak akan terjadi dalam beberapa hari," kata seorang pejabat senior EU yang juga menyebutkan bahwa masih belum jelas kapan Komisi Eropa akan membuat sebuah proposal yang jelas.

Setiap proposal perlu dinegosiasikan oleh negara-negara EU untuk disetujui dalam pertemuan darurat para menteri energi pada November.

Menjelang pembicaraan pada Selasa, Komisi Eropa membagikan sebuah dokumen kepada negara-negara EU yang memperingatkan tentang batas harga untuk jenis energi lain, yakni gas untuk pembangkit listrik, yang dapat meningkatkan penggunaan gas.

Sumber: Reuters

Baca juga: Putin tawarkan tambahan pasokan gas ke Eropa
Baca juga: Krisis gas akan memburuk setelah Eropa habiskan stok musim dingin
Baca juga: Putin: Rusia tidak bisa disalahkan atas krisis energi di Eropa

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022