Saya pikir ini bagus karena dunia masih membutuhkan minyak Rusia untuk mengalir ke pasar untuk saat ini
Singapura (ANTARA) - Pengetatan pasar untuk gas alam cair (LNG) di seluruh dunia dan pemotongan pasokan oleh produsen-produsen minyak utama telah menempatkan dunia di tengah "krisis energi global pertama yang sesungguhnya," kata Kepala Badan Energi Internasional (IEA) pada Selasa.

Meningkatnya impor LNG ke Eropa di tengah krisis Ukraina dan potensi rebound selera China untuk bahan bakar akan memperketat pasar karena hanya 20 miliar meter kubik kapasitas LNG baru yang akan datang ke pasar tahun depan, kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol di Singapore International Energy Week.

Pada saat yang sama, keputusan baru-baru ini oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya atau OPEC+, untuk memangkas produksi 2 juta barel per hari (bph) adalah keputusan "berisiko" karena IEA memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak global mendekati 2 juta barel per hari tahun ini, kata Birol.

"(Ini) sangat berisiko karena beberapa ekonomi di seluruh dunia berada di ambang resesi, jika kita berbicara tentang resesi global ... saya menemukan keputusan ini sangat disayangkan," katanya.

Melonjaknya harga global di sejumlah sumber energi, termasuk minyak, gas alam, dan batu bara, memukul konsumen pada saat yang sama mereka sudah berurusan dengan kenaikan inflasi makanan dan jasa. Harga tinggi dan kemungkinan penjatahan berpotensi berbahaya bagi konsumen Eropa saat mereka bersiap memasuki musim dingin belahan bumi Utara.

Eropa mungkin berhasil melewati musim dingin ini, meskipun agak babak belur, jika cuacanya tetap sejuk, kata Birol.

"Kecuali kita akan mengalami musim dingin yang sangat dingin dan panjang, kecuali akan ada kejutan dalam hal apa yang telah kita lihat, misalnya ledakan pipa Nordstream, Eropa harus melewati musim dingin ini dengan beberapa luka ekonomi dan sosial," tambahnya.

Baca juga: IEA: Dunia tak akan kekurangan minyak meski kehilangan pasokan Rusia

Untuk minyak, konsumsi diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,7 juta barel per hari pada 2023 sehingga dunia masih membutuhkan minyak Rusia untuk memenuhi permintaan, kata Birol.

Negara-negara G7 telah mengusulkan mekanisme yang akan memungkinkan negara-negara berkembang untuk membeli minyak Rusia tetapi dengan harga yang lebih rendah untuk membatasi pendapatan Moskow setelah perang Ukraina.

Birol mengatakan skema tersebut masih memiliki banyak detail untuk diselesaikan dan akan membutuhkan persetujuan dari negara-negara pengimpor minyak utama.

Seorang pejabat Departemen Keuangan AS mengatakan kepada Reuters pekan lalu bahwa tidak masuk akal untuk percaya ingga 80 persen hingga 90 persen dari minyak Rusia akan terus mengalir di luar mekanisme batas harga jika Moskow berusaha untuk mencemoohnya.

"Saya pikir ini bagus karena dunia masih membutuhkan minyak Rusia untuk mengalir ke pasar untuk saat ini. Tingkat 80 persen-90 persen baik dan menggembirakan untuk memenuhi permintaan," kata Birol.

Baca juga: Harga minyak Asia naik, didorong pelemahan dolar

Meskipun masih ada sejumlah besar cadangan minyak strategis yang dapat dimanfaatkan selama gangguan pasokan, pelepasan lain saat ini tidak menjadi agenda, tambahnya.

Krisis energi bisa menjadi titik balik untuk mempercepat sumber bersih dan untuk membentuk sistem energi yang berkelanjutan dan aman, kata Birol.

"Keamanan energi adalah pendorong nomor satu (transisi energi)," kata Birol, saat negara-negara melihat teknologi energi dan energi terbarukan sebagai solusi.

IEA telah merevisi perkiraan pertumbuhan kapasitas daya terbarukan pada 2022 menjadi peningkatan 20 persen tahun-ke-tahun dari 8 persen sebelumnya, dengan hampir 400 gigawatt kapasitas terbarukan ditambahkan tahun ini.

Banyak negara di Eropa dan di tempat lain mempercepat pemasangan kapasitas terbarukan dengan memotong proses perizinan dan lisensi untuk menggantikan gas Rusia, kata Birol.

Baca juga: IEA: Krisis energi jangan memperdalam ketergantungan bahan bakar fosil
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022