Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para penerima manfaat bantuan sosial (bansos) di Balikpapan, Kalimantan Timur, tidak ragu menggunakan bansos yang mereka terima untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau dan menyerahkan sejumlah bansos, seperti bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) dan bantuan subsidi upah (BSU) di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Selasa.

"Ini yang Rp1,2 juta bantuan Presiden, yang Rp300 ribu BLT BBM. Bisa dibelikan untuk pemenuhan gizi anak," kata Jokowi kepada para penerima manfaat dalam keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan bantuan sosial di Kalimantan Timur

Baca juga: Presiden tinjau infrastruktur IKN di Kalimantan Timur


Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga sempat menjanjikan akan meningkatkan besaran bansos apabila ada kelebihan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Nanti kalau APBN ada lebih, insya Allah akan kita tambah. Yang penting sekarang sudah diterima semuanya," ujar Jokowi.

Selepas penyerahan, Presiden sempat menerangkan bahwa saat ini penyaluran BLT BBM sudah mencapai 99,7 persen, sedangkan BSU telah disalurkan kepada 72 persen penerima.

Kepala Negara berharap sejumlah bansos tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita harapkan dengan bantuan ini konsumsi masyarakat bisa terjaga, daya beli bisa terjaga, sehingga ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, baik di daerah maupun di negara kita," kata Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut, antara lain Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Sebelum meninjau penyaluran bansos di Kantor Pos Balikpapan, Presiden juga sempat menyambangi Pasar Klandasan menyerahkan sejumlah bansos bagi pedagang pasar dan pedagang kaki lima di kawasan pasar tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi bagikan bansos kepada para pedagang di Pasar Klandasan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022