Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengirimkan bantuan berupa sarana prasarana pendukung penanganan banjir di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang meliputi perahu karet dan lainnya.
 
Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBPK Kalteng Kibue menyampaikan arahan Kepala Pelaksana BPBPK Falery Tuwan di Pangkalan Bun, Selasa, mengatakan bantuan yang diserahkan meliputi satu unit perahu karet dolpin, satu unit mesin perahu, empat jaket, empat helm, dua pengayuh dan satu pompa perahu pinjam pakai.
 
"Bantuan tersebut kami serahkan langsung di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat," katanya.
 
Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) provinsi ini menyampaikan, upaya pencegahan, penanggulangan maupun rehabilitasi rekonstruksi akibat bencana merupakan tugas pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha.

Baca juga: BPBD: 24.000 lebih warga Kabupaten Kotawaringin Barat terdampak banjir

Baca juga: Pemkab Kobar alokasikan Rp2,8 miliar untuk penanganan korban banjir
 
"Menindaklanjuti itu pemerintah provinsi sudah membentuk Satgas Tanggap Darurat Banjir, kemudian ditindaklanjuti juga di daerah agar semua OPD terkait bisa berperan sesuai dengan tupoksinya masing-masing," ujarnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, selain dukungan sarana dan prasarana pada hari ini, sebelumnya BPBPK Kalteng bersama BPBD Kobar juga membuka layanan dapur umum sejak 19 Oktober 2022 lalu.
 
"Dapur umum telah difungsikan dalam membantu masyarakat yang terkena banjir dengan melibatkan tim gabungan dari berbagai pihak, sekaligus mendistribusikan makanan ke tempat-tempat pengungsian banjir di Kobar," katanya.
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir terhitung mulai 17 Oktober 2022, hingga selama 21 hari ke depan setelah penetapan.*

Baca juga: Polda Kalteng salurkan 20 ribu paket bansos Pemda untuk korban banjir

Baca juga: Puluhan ribu paket sembako disalurkan tanggulangi banjir Kalteng

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022