Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) melalui cabang di Tokyo kembali menyalurkan pembiayaan bagi diaspora Indonesia di Tokyo, Jepang, kepada B-R Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan dan ekspor alat berat dari Jepang.
 
Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI Muhammad Iqbal mengatakan kantor cabang BNI di luar negeri akan terus menjadi jembatan bisnis antara Indonesia dan dunia.
 
"BNI melalui Program BNI Xpora telah menginisiasi Diaspora Loan sejak tahun 2021 dengan tujuan memberikan dukungan pembiayaan untuk Indonesia-Related Business yang dijalankan oleh diaspora," katanya dalam keterangan resmi, di Jakarta, Selasa.
 
Adapun B-R Corporation didirikan oleh Budi Rahardjo pada 2009 di kota Sapporo, Hokkaido, Jepang, dan saat ini memiliki pelanggan dari berbagai negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.
 
B-R Corporation juga terlibat dalam berbagai kegiatan lelang alat berat bekas di Jepang guna mendapatkan stok alat berat bekas yang bagus.

Baca juga: BNI ajak diaspora perkuat hubungan ekonomi dengan Jepang
 
"Kami mengapresiasi B-R Corporation yang membuka kesempatan bagi BNI untuk berkontribusi terhadap bisnisnya. Kami tentunya berharap lebih banyak lagi perusahaan diaspora Indonesia yang dapat dikerjasamakan guna memperkuat peran BNI sebagai bank global asal Indonesia," kata Iqbal.
 
Hingga September 2022 BNI telah menjalin kerja sama dengan 29 nasabah diaspora di berbagai sektor diantaranya 14 restoran, 11 sektor perdagangan dan jasa, tiga minimarket, dan satu jasa transportasi.
 
BNI cabang Tokyo terus berupaya untuk memfasilitasi Indonesia-Related Business di Jepang, terutama untuk segmen UMKM diaspora dengan pemberian kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha mereka di luar negeri.
 
“Diaspora Loan merupakan pinjaman/pemberian kredit bagi diaspora Indonesia dan didesain secara komprehensif serta prudent untuk mengakomodir kebutuhan diaspora Indonesia dalam mengembangkan usahanya di luar negeri," ujar Iqbal.

Baca juga: BNI Tokyo pindah ke distrik bisnis untuk ekspansi pasar Jepang

Baca juga: BNI perluas layanan Diaspora Loan ke Kanada

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022