Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain (PSG) memastikan lolos ke babak 16 besar usai membantai tim Israel Maccabi Haifa 7-2 dalam matchday ke-5 Grup H Liga Champions di Parc des Princes, Paris pada Rabu dini hari WIB.

Trio MNM mencetak lima dari gol PSG, dengan Lionel Messi dan Kylian Mbappe masing-masing dua gol, sedangkan Neymar satu gol. Dua gol lainnya dicetak oleh Carlos Soler dan bunuh diri Sean Goldberg.

PSG diuntungkan dengan gol bunuh diri bek Maccabi Sean Goldberg, dan pemain pengganti Carlos Soler mencetak gol terakhir tim tuan rumah. Sementara itu dua gol balasan Maccabi Haifa disumbangkan oleh Abdoulaye Seck pada masing-masing babak.

Baca juga: Duet Mbappe dan Messi antarkan PSG menang 3-0 atas Ajaccio

Berdasarkan laman resmi UEFA, PSG kokoh di puncak klasemen dengan poin 11 sekaligus berhak lolos ke 16 besar. Di sisi lain, Maccabi menduduki peringkat ke-4 dengan poin 3.

Sebuah peluang berbahaya diciptakan PSG pada menit ke-9. Neymar bekerja sama satu-dua dengan Vitinha sebelum mengoper kepada Fabian Ruiz. Dari sisi kanan kotak, sepakan Ruiz masih melenceng tipis dari tiang gawang Maccabi.

Messi membawa PSG memimpin 1-0 pada menit ke-19. Ruiz menerima bola di sisi kanan kotak penalti, lalu sundulan Messi kepada Mbappe dikembalikan kepada penyerang Argentina itu. Messi lantas menuntaskan dengan tendangan kaki kiri ke arah tiang jauh.

Hanya 12 menit berselang, PSG memperbesar skor menjadi 2-0. Mbappe bekerja sama satu-dua dengan Neymar. Sebuah umpan pendek dari Neymar diselesaikan Mbappe dengan tembakan melengkung ke tiang jauh Maccabi.

PSG sudah unggul 3-0 atas Maccabi pada menit ke-35. Giliran Neymar mengukir namanya di papan skor.

Baca juga: Kylian Mbappe bantah tidak bahagia dan ingin tinggalkan PSG

Operan Mbappe kepada Messi diakhiri dengan sebuah umpan mendatar yang membebaskan Neymar. Memiliki ruang tembak yang luas, penyerang asal Brazil itu melepaskan tendangan melengkung yang meluncur ke tiang jauh Maccabi.

Maccabi sempat mengubah skor menjadi 1-3 pada menit ke-38. Diawali dari tendangan bebas, Tjaron Chery menyodorkan bola yang diteruskan Atzili dengan umpan silang ke kotak penalti. Abdoulaye Seck menanduk bola untuk menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Jelang turun minum, PSG mencetak gol keempatnya yang diciptakan Messi sekaligus mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Gol tersebut terlahir berkat permainan Ruiz, Mbappe dan Messi. Setelah menerima sodoran Mbappe, Messi mengontrol bola hingga ke area penalti lalu menyelesaikan dengan tendangan melengkung kaki kiri.

Maccabi memulai babak kedua dengan gol. Seck membobol gawang PSG lagi sehingga menipiskan ketinggalan Maccabi 2-4 pada menit ke-50.

Pada menit ke-64, Mbappe mengembalikan keunggulan menjadi tiga gol. Achraf Hakimi mengirim umpan lambung dari belakang yang menemui Mbappe di sisi kiri kotak penalti. Usai mengontrol bola, Mbappe melepaskan tembakan ke tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 5-2.

Baca juga: Real Madrid telan kekalahan pertama 2-3 di kandang RB Leipzig

PSG cuma membutuhkan tiga menit untuk melahirkan gol keenamnya. Bek Maccabi Haifa Sean Goldberg membuat kesalahan sehingga membobol gawangnya sendiri untuk mengubah kedudukan menjadi 6-2.

PSG mencatatkan gol ke-7 mereka pada menit ke-84. Messi kembali menjadi kreator setelah umpan tariknya dari dekat garis gawang ke luar kotak penalti disambar Carlos Soler dengan tendangan mendatar keras.

Keunggulan PSG berubah menjadi 7-2, yang bertahan sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain:
PSG (4-3-1-2): Donnarumma, Sergio Ramos, Marquinhos, Juan Bernat, Hakimi, Renato Sanches (Carlos Soler 68'), Fabian Ruiz, Vitinha, Messi, Neymar, Mbappe

Maccabi Haifa (3-5-2): Josh Cohen, Goldberg, Batubinsika, Cornud (Menachem 70'), Seck, Chery, Muhammad, Lavi, Abu Fani (Meir 71'), Atzili (David 65'), Pierrot.

Baca juga: Juventus tersingkir dari Liga Champions usai kalah 3-4 oleh Benfica

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022