Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) sudah memvaksin anti rabies sebanyak 3.639 ekor hewan penular rabies (HPR) sejak Januari hingga Oktober 2022.

"Total hingga pekan ketiga Oktober 2022, kami sudah vaksin sebanyak 3.639 ekor HPR telah divaksin," ujar Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Pusat, Herawati di Jakarta, Rabu.

Herawati mengatakan, pihaknya hingga saat ini terus menggelar layanan vaksinasi anti rabies yang digelar secara bergilir di delapan kecamatan.

Dari ribuan HPR yang telah divaksin terdiri dari kucing, anjing, kera dan musang. "Hewan yang sudah divaksin terdiri dari kucing 2.962 ekor, 651 anjing, 20 kera dan enam musang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, layanan vaksin anti rabies pada hewan ini dilakukan secara gratis atau bebas biaya. "Layanan vaksinasi rabies tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, KPKP Jakpus beri sterilisasi dan vaksinasi gratis
Baca juga: Sudin KPKP Jakarta Pusat lampaui target vaksin rabies

Tidak hanya itu, pihaknya berupaya melakukan program jemput bola ke beberapa rumah warga yang memiliki binatang peliharaan yang ingin divaksin.

"Tim dokter hewan turut menggelar layanan jemput bola ke delapan kecamatan se Jakarta Pusat secara bergiliran," katanya.

Herawati optimis target sebanyak 5.000 ekor HPR di Jakarta Pusat divaksin anti rabies hingga akhir 2022 terealisasi. Untuk tahun 2021, sebanyak 5.036 HPR telah divaksin anti rabies.

"Antusias warga Jakarta Pusat membawa hewan peliharaan divaksin semakin tinggi sehingga Kota Jakarta bebas dari rabies terus dipertahankan," katanya.

Ia berharap dengan adanya program tersebut, ribuan hewan peliharaan di Jakarta Pusat bebas dari rabies sehingga warga bisa hidup aman dengan hewan peliharaannya.
 

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022