Kami juga berharap, sekembalinya dari ibadah umrah, jamaah dapat memiliki perilaku dan etika yang semakin baik lagi
Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberangkatkan 27 warga ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah umrah hasil dari undian "doorprize" Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) yang diselenggarakan pada 22-29 Juli 2022.
 
"Keberangkatan jamaah umrah ini didukung oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng bersama salah satu penyelenggara umrah," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin yang juga menjabat Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalteng di Palangka Raya, Rabu.
 
Nuryakin saat menyampaikan pesan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di sela pelepasan rombongan umrah di terminal Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya mengatakan, ini merupakan kebahagiaan bagi gubernur bisa memberangkatkan jamaah untuk menunaikan ibadah yang sudah dinanti dan dirindukan.

Baca juga: Petugas: Jamaah nyaman melaksanakan ibadah umrah perdana
 
"Jamaah umrah yang berangkat ini termasuk yang beruntung. Tolong kepercayaan ini dijaga, dalam artian jaga kekompakan, kesehatan, tata tertib ketika umrah," pintanya.
 
Dia menjelaskan, jamaah sebelumnya sudah diajarkan bagaimana manasik, mana yang wajib dan yang sunah, sehingga hal ini yang harus diperhatikan agar nanti dapat membawa keberkahan.

Baca juga: Melepas kerinduan menuju ibadah umrah di Tanah Suci
 
Nuryakin pun berharap agar jamaah yang berangkat dapat mendoakan Kalimantan Tengah, termasuk jajaran pemerintah provinsi agar bisa bekerja semakin baik lagi.
 
"Hingga pada akhirnya program gubernur yaitu Kalteng Makin BERKAH bisa kita wujudkan bersama-sama," terang Nuryakin.
 
Lebih lanjut Nuryakin pun berharap agar kedepannya kegiatan syiar-syiar agama Islam melalui MTQ, dan peringatan-peringatan keagamaan lainnya betul-betul dimaknai, serta mampu memberi pencerahan kejiwaan terhadap semua pihak.

Baca juga: Kemenag upayakan perluas pintu keberangkatan ibadah umrah
 
"Kami juga berharap, sekembalinya dari ibadah umrah, jamaah dapat memiliki perilaku dan etika yang semakin baik lagi," katanya.
 
Turut hadir dalam pelepasan jamaah umrah tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng Noor Fahmi beserta pengurus LPTQ Kalteng. Selanjutnya Nuryakin juga menyerahkan sarung dan mukena kepada jamaah.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022