Menghasilkan peningkatan mata pencaharian berbasis hutan di wilayah sasaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus melakukan penguatan kapasitas kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan masyarakat untuk mendorong pengelolaan hutan berkelanjutan berbasis masyarakat di tingkat tapak.

Dalam pembukaan Festival Forest Investment Program (FIP) 2022 di Jakarta, Rabu, Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) KLHK Agus Justianto menjelaskan bahwa KLHK melalui FIP 2 yang didanai Bank Dunia dan DANIDA sejak 2017 telah mendorong implementasi penguatan kapasitas kelembagaan dalam pengelolaan hutan terdesentralisasi.

"Proyek FIP 2 dirancang dan dilaksanakan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan KPH dan masyarakat lokal sehingga pengelolaan hutan yang terdesentralisasi dapat menghasilkan peningkatan mata pencaharian berbasis hutan di wilayah sasaran," kata Agus.

Melalui proses pengelolaan hutan yang terdesentralisasi diharapkan dapat mendorong peningkatan tata kelola hutan dan mewujudkan pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan berbasis masyarakat di tingkat tapak.

Baca juga: KLHK: Hutan tak harus lagi monokultur tapi dapat "multilayer"

Baca juga: KLHK terapkan manajemen ekosistem berkelanjutan di Perhutanan Sosial


FIP 2 sendiri telah terimplementasi pada 10 unit areal KPH yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sejak 2019, jelas Agus, program itu telah memfasilitasi 95 kelompok tani hutan (KTH) di 8 provinsi sasaran.

"Fasilitasi ke 95 KTH ini merupakan model pengembangan usaha kehutanan berbasis masyarakat yang nantinya dapat di upscale di tempat lain di luar lokus FIP II sebagai legacy dari kegiatan ini," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa berbagai hasil berupa pengetahuan, teknologi dan produk-produk telah dihasilkan oleh KPH dan KTH yang didukung FIP 2.

Untuk menyebarluaskan ke masyarakat berbagai capaian itu, maka kemudian diadakan Festival Forest Investment Program 2022 dengan melibatkan tidak hanya pihak FIP II namun juga FIP I.

Tujuannya yaitu untuk mempromosikan pengembangan usaha dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat sekitar hutan dan kelestarian hutan.

Baca juga: KLHK akan perkuat kegiatan strategis berbasis masyarakat

Baca juga: KLHK-CIFOR kuatkan kerja sama dalam pengelolaan hutan berkelanjutan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022