Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong kolaborasi berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi melalui Indonesia Research and Innovation (Inari) Expo 2022.

"Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Handoko menuturkan Inari Expo 2022 merupakan acara tahunan sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

Ia mengatakan Inari Expo 2022 yang mengusung tema Digital, Blue and Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi. menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia 2022, di mana BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20.

Oleh karenanya, Inari Expo 2022 diharapkan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia, dan menjadi katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun juga menginisiasi kerja sama dengan berbagai pihak termasuk industri baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Melalui Inari Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya,” tuturnya.

Handoko berharap perhelatan Inari Expo 2022 akan semakin mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi dan para kreator di bidang teknologi untuk terus mengasah kemampuannya dalam menghasilkan produk-produk baru.

Ketua Pelaksana Inari Expo 2022 Irwadhi Marzuki mengatakan sekitar 239 peserta yang mengikuti pameran itu yang terdiri dari perwakilan badan usaha milik negara, perwakilan badan usaha milik daerah, Asean-India Startup Festival, perwakilan negara G20, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMP.

Inari Expo 2022 akan meliputi kegiatan antara lain pameran, seminar, pertemuan bisnis, lokakarya, acara bincang-bincang, pencocokan bisnis, klinik konsultasi, Youth Research and Innovation Fair, Halal Tech Expo 2022, ASEAN India Start up Festival 2022, start up program pengusaha pemula berbasis riset BRIN, dan zona G20.

Inari Expo 2022 berlangsung pada 27-30 Oktober 2022 di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat.

Baca juga: MC4 bahas percepatan implementasi Rencana Aksi Asia-Pasifik tahap ke-2
Baca juga: BRIN dukung aplikasi keantariksaan capai pembangunan berkelanjutan

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022