Cilacap (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Wijonardi mengatakan Jalur Lintas Selatan Selatan (JLSS) Jawa Tengah tergenang banjir di sekitar Jembatan Pelimpah ruas jalan nasional Sidareja-Pangandaran yang masuk wilayah Desa Cinyawang.

"Genangan banjir tersebut dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Selasa (25/10), pukul 18.00 WIB, hingga dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB," katanya di Cilacap, Rabu.

Menurut dia, kondisi tersebut mengakibatkan anak Sungai Citanduy meluap hingga menggenangi ruas jalan nasional Sidareja-Pangandaran khususnya di sekitar Jembatan Pelimpah, Desa Cinyawang, Kecamatan Kedungreja, sejak pukul 10.30 WIB.

Akibat kejadian tersebut, kata dia, ruas jalan nasional Sidareja-Pangandaran tidak bisa dilalui kendaraan.

"Berdasarkan informasi terakhir yang kami terima sore ini, panjang ruas jalan yang tergenang mencapai 100 meter dengan tinggi genangan berkisar 100-200 meter," kata Wijonardi.

Menurut dia, genangan tersebut terjadi karena kondisi geografis lokasi kejadian berupa cekungan dengan posisi jalan lebih rendah dari jembatan atau anak Sungai Citanduy.

Dengan demikian, kata dia, ruas jalan tersebut akan tergenang ketika debit air anak Sungai Citanduy sedang tinggi.

Terkait dengan kejadian banjir tersebut, dia mengatakan petugas Kepolisian Sektor Patimuan mengalihkan arus lalu lintas dari arah Pangandaran, Jawa Barat, melalui jalur Banjar atau Menganti.

Selain itu, kata dia, Unit Pelaksana Teknis BPBD Wilayah Sidareja telah mengerahkan perahu evakuasi beserta pelampung termasuk mengirimkan 100 lembar karung plastik ke lokasi banjir.
Tangkapan layar video kiriman BPBD Kabupaten Cilacap terkait genangan banjir di Jalur Lintas Selatan Selatan (JLSS) Jawa Tengah ruas jalan nasional Sidareja-Pangandaran yang masuk wilayah Desa Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Rabu (26/10/2022). ANTARA/HO-BPBD Cilacap/am.


"Karung-karung plastik itu akan diisi pasir dan akan digunakan untuk membendung genangan banjir di jalan guna mengantisipasi air meluap ke permukiman di sebelah timur tanggul," kata Wijonardi.

Lebih lanjut, dia mengatakan hujan lebat yang terjadi sejak Selasa (25/10) petang hingga Rabu (26/10) dini hari juga mengakibatkan banjir di Desa Wanareja, Sidamulya, dan Bantar, Kecamatan Wanareja, dengan tinggi genangan air berkisar 20-120 centimeter.

Menurut dia, jumlah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Wanareja mencapai 400 jiwa dari 163 keluarga.

Selain banjir, bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Jambu (Kecamatan Wanareja), Cijeruk (Dayeuhluhur), Cijati (Cimanggu), Salebu, Sepatnunggal, dan Cibeunying (Majenang) serta bencana tanah bergerak di Desa Matenggeng (Dayeuhluhur) dan Boja (Majenang).

"Kami melalui UPT BPBD Wilayah Majenang telah melakukan asesmen terhadap bencana di Majenang, Wanareja, Cimanggu, dan Dayeuhluhur," kata Wijonardi.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi karena berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga tanggal 27 Oktober 2022. ***3***

Baca juga: BPBD berikan bantuan kepada korban banjir tiga desa di Lombok Tengah

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022