Sebaran JakWifi paling banyak di lingkungan RW
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyediakan ribuan titik JakWifi guna akses internet gratis yang bisa dirasakan langsung oleh warga sekitar.

"Sebaran JakWifi paling banyak di lingkungan RW dan lokasi umum lainnya seperti gedung kecamatan, kelurahan, kantor Wali Kota, RPTRA, sekolah, dan taman," kata Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Seksi Jaringan Komunikasi dan Data Sudin Kominfotik Jakarta Selatan Arif Darmanto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Arif berharap dengan adanya JakWifi yang bisa diakses melalui aplikasi JAKI para pengguna bisa mengakses jaringan internet gratis.

Terlebih, aplikasi JAKI juga bisa mendeteksi lokasi yang sudah terpasang internet gratis bagi warga.

Baca juga: Pemkot Jaksel imbau ASN bisa ikuti perubahan teknologi

Menurut Arif, tujuan dipasang JAKI di setiap titik ini guna memudahkan warga membagikan informasi secara cepat dan mudah.

"Berdasarkan data dari JAKI, sebanyak 2.739 titik JakWifi sudah bisa diakses di berbagai sudut kota Jakarta Selatan," tambahnya.

Ia menambahkan cara mengakses JakWifi yakni warga cukup mendatangi titik lokasi terdekat yang ada di JAKI dan menghubungkan ponsel dengan koneksi internet yang tersedia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan internet secara gratis untuk warga melalui JakWifi yang telah diluncurkan sejak Desember 2020.

Baca juga: Internet gratis disediakan bagi warga Kampung Gembira Gembrong

Berdasar laporan APJI tahun 2022, pengguna internet di Indonesia berusia 13-55 tahun pada Februari 2022.

Dengan kata lain, sekitar 210 juta jiwa dari jumlah itu mengakses internet menggunakan ponsel atau sekitar 77,2 persen dari penduduk Indonesia.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022