Tangerang (ANTARA) - Kabag Lotas Sekretariat National Crime Border Interpol Divisi Hubungan Internasional Polri, Komisaris Besar Polisi Dodied Prasetyo Aji, mengatakan, kejahatan lintas negara didominasi peredaran narkoba dan pekerja migran non prosedural.

"Pasti banyak kejahatan perbatasan, karena garis pantai Indoneaia mencapai 81.000 km. Namun, dari kejahatan lintas negara itu yang paling trend dan mendominasi adalah narkoba dan pekerja migran non prosedural," ujar dia, usai menghadiri koordinaai kejahatan transnasional lintas batas di Tangerang Selatan, Banten, Rabu.

Baca juga: BNPT tawarkan tiga cara atasi kejahatan transnasional

Ia mengungkapkan, secara umum dari kejahatan internasional ini ada 13 macam kejahatan, di antaranya terorisme, pencurian ikan, perdagangan orang, kejahatan terkait satwa dan fauna dilindungi, narkoba, dan penyintas terorisme.

Kendati demikian, untuk mencegah terjadinya kejahatan-kejahatan tersebut, polisi Indonesia berpatroli bersama di perbatasan-perbatasan wilayah negara tetangga. Baik itu dengan kepolisian Filipina, Malaysia, Singapura maupun Timor Leste.

Baca juga: Polri-Dirjen BC tandatangani PKS cegah kejahatan transnasional

"Melalui rangkaian kegiatan FGD ini dan rapat koordinasi ini, Polri berupaya memperkuat kerja sama yang ada baik dengan kementerian dan lembaga yang menangani permasalahan perbatasan serta dengan pihak kepolisian negara-negara sahabat untuk mencegah dan melakukan penindakan terhadap kejahatan transnational," katanya. 

Ia menambahkan, beberapa terobosan kreatif yang memang telah dirumuskan oleh Divhubinter Polri dalam meningkatkan kualitas operasionalisasi tugas kepolisian di wilayah perbatasan.

Baca juga: Polri-Polisi Selandia Baru kerja sama berantas kejahatan transnasional

Upaya itu di antaranya melalui program penyegaran dan rekrutmen brigadir polisi di perbatasan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi masalah perbatasan secara konsisten, pengembangan aplikasi Imbas Cepat serta upaya peningkatan kapabiltas sarana dan prasarana kepolisian.

"Dampak yang dapat ditimbulkan kejahatan lintas negara tersebut terhadap kehidupan warga negara Indonesia di wilayah perbatasan," kata dia. 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022