Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengirimkan ratusan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam rangka mengamankan lalu lintas di sekitar perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan personel itu bertugas sebagai satuan tugas (Satgas) pengamanan pengawalan (Pamwal) serta rute lalu lintas dan parkir (Rolakir).

Dia juga meminta seluruh jajaran bersikap humanis dalam menjalankan tugas selama kegiatan KTT G20 di Bali. Firman berpesan kepada personel Pamwal dan Rolakir untuk pengertian terhadap masyarakat setempat.

"Masyarakat Bali kita ajak, sebagai tuan rumah, agar saling pengertian, jangan arogan selama berada di jalan karena kita sebagai pelayan masyarakat," kata Firman saat memimpin apel pelepasan personel BKO Satgas Pamwal dan Rolakir di Gedung Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta Selatan.

Baca juga: Korlantas Polri luncurkan mobil komando jelang G20

Baca juga: Korlantas berlakukan buka tutup jalan tertentu saat KTT G20


Firman menyebut jajarannya juga mengecek kondisi 80 kendaraan dinas roda dua dan 88 unit roda empat yang turut dilepas ke Bali. Firman mengatakan, kendaraan yang digunakan menggunakan energi listrik dan fosil.

"Termasuk perlengkapan-perlengkapan perorangan yang harus dipersiapkan dan nanti kita akan ada latihan-latihan gabungan, sehingga kita perlu adaptasi," ucap Firman.

Dia berharap, semua personel yang diterjunkan untuk perhelatan KTT G20 dapat menjaga kesehatan masing-masing. Firman menekankan pentingnya vitamin dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Baca juga: Polri latih 264 personel pengawal VVIP G20 adaptasi kendaraan listrik

"Karena cuaca cukup ekstrem kita juga cek hari ini kesiapan jas hujan dan lain sebagainya, termasuk obat-obatan yang akan dikomunikasikan dengan tim kesehatan untuk diberikan vitamin terhadap mereka," jelasnya.

Sebagai informasi, Korlantas Polri melibatkan 1.759 personel selama perhelatan KTT G20 di Bali. Terdiri dari 918 personel dari Polda Bali dan 841 BKO dari Korlantas Polri.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022