Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi kepada enam operator transportasi yang meraih penghargaan tertinggi pada penilaian pelayanan prima.

Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik sektor transportasi 2021-2022 diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, pada Rabu (26/10).

“Ini merupakan wujud nyata upaya Kemenhub untuk membangun semangat para operator transportasi untuk terus memberikan pelayanan yang excellent. Saya apresiasi upaya perbaikan pelayanan yang terus konsisten dilakukan,” kata Menhub.

Menhub mengungkapkan, keenam operator yang meraih penghargaan tertinggi (kategori Prima Utama) yakni Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub (LRT Sumsel), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (AP I), Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta (AP II), Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (AP I), Stasiun Surabaya Pasar Turi (KAI), dan Stasiun Surabaya Gubeng (KAI).

Sementara, untuk kategori Prima Madya diraih oleh 23 operator dan kategori Pratama diraih oleh 48 operator.

Baca juga: Menhub dan Pemprov DKI tingkatkan koordinasi integrasi angkutan massal

Menhub juga mendorong para operator transportasi baik itu dari Kemenhub, BUMN/BUMD, maupun swasta, untuk berlomba-lomba melakukan inovasi dan kreasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Saya selalu menekankan jangan ada jarak antara regulator dan operator sehingga tidak ada birokrasi yang rumit. Kita bersinergi bersama melayani masyarakat,” ujarnya.

Akademisi dan Pemerhati Transportasi Darmaningtyas yang menjadi salah satu dewan juri mengatakan, walaupun yang menyelenggarakan Kemenhub, namun penilaian dilakukan secara independen dan objektif.

Ia menjelaskan, proses penjurian melibatkan berbagai pihak seperti Kemenpan RB, Kantor Staf Kepresidenan, Akademisi, Pemerhati Transportasi, dan Jurnalis.

Adapun 6 (enam) Aspek yang dinilai yaitu: kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Perhubungan, para Pimpinan BUMN dan Perusahaan yang menerima penghargaan, dan perwakilan dewan juri yaitu Ketua YLKI Tulus Abadi.

Baca juga: Menhub apresiasi penyediaan motor listrik dukung KTT G20

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022