Hujan di Bogor mempengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju ibu kota Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah DKI Jakarta pada Kamis sore hari.

"Waspada potensi hujan  disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari," demikian pernyataan peringatan dini BMKG yang dilansir dari laman www.bmkg.go.id, Kamis.

BMKG merinci, pada Kamis pagi seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan.

Beranjak siang hari, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Untuk wilayah Jakarta Barat diprakirakan hujan dengan intensitas sedang, Kepulauan Seribu diprakirakan cerah berawan, dan Jakarta Selatan hujan petir.

Pada malam hari, Jakarta Selatan diprakirakan cerah berawan, sementara wilayah DKI Jakarta lainnya berawan.

BMKG juga memberikan peringatan dini pada wilayah penyangga Ibu Kota seperti di kabupaten dan kota Bogor serta kota Depok yang diperkirakan mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada waktu antara siang atau sore hingga menjelang malam hari.

Hujan di Bogor mempengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju ibu kota Jakarta. Sedangkan hujan di Depok berkontribusi pada peningkatan debit di hulu Kali Sunter.

Untuk suhu udara DKI Jakarta diperkirakan berkisar 24-32 derajat Celcius yang meliputi seluruh wilayah di Jakarta dengan tingkat kelembapan udara diperkirakan 70 persen hingga 95 persen.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022