Moskow (ANTARA) - Rusia pada Rabu (26/10/2022) melarang transaksi saham atau modal saham 45 bank atau unit perbankan, semuanya dimiliki oleh pihak-pihak di negara-negara yang disebut Rusia "tidak bersahabat" atau dimiliki melalui modal asing.

Negara-negara Barat dan sekutunya, termasuk Jepang, telah memberlakukan pembatasan keuangan pada Rusia sejak mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari. Moskow membalas dengan hambatan untuk bisnis Barat dan sekutu mereka meninggalkan Rusia, dan dalam beberapa kasus menyita aset mereka.

Daftar tersebut mengikuti dekrit yang dikeluarkan pada 5 Agustus oleh Presiden Vladimir Putin yang melarang yang dimiliki oleh pihak-pihak di negara-negara "tidak bersahabat" kecuali jika izin khusus diberikan.

Daftar tersebut, yang diterbitkan pada Rabu (26/10/2022), termasuk unit Rusia dari Intesa, Credit Suisse, Raiffeisen, Citi, OTP Bank dan UniCredit Bank, serta Yandex-Bank dan Ozon-Bank Rusia.

Citi, bank Wall Street terbesar yang hadir di Rusia dengan eksposur delapan miliar dolar AS, berencana untuk menghentikan hampir semua layanan perbankan institusional karena tidak dapat menjual bisnis di tengah undang-undang terkait sanksi baru-baru ini.

Baca juga: Rusia berencana kembangkan rute laut Arktik
Baca juga: Ekspor Rusia melonjak lebih 25 persen Januari hingga September 2022
Baca juga: Rubel sedikit melemah karena akhir periode pembayaran pajak mendekat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022