Kami berharap dengan kehadiran bus sekolah ini, para orang tua lebih merasa tenang saat anaknya berangkat dan pulang sekolah
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Bobby Nasution merealisasikan janjinya dengan menyediakan satu unit bus sekolah gratis bagi warga di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan.

"Kami berharap dengan kehadiran bus sekolah ini, para orang tua lebih merasa tenang saat anaknya berangkat dan pulang sekolah," katanya di Medan, Kamis.

Pengoperasian bus sekolah gratis yang membawa anak-anak warga menuju sekolah masing-masing, lanjut dia, telan dilakukan di Lapangan Sicanang, Lingkungan XII, Belawan Sicanang, Medan, Rabu (26/10) 2022.

Wali kota berharap kehadiran bus sekolah gratis ini bisa memperlancar akses anak-anak warga dalam memperoleh pendidikan, dan menambah semangat para siswa pergi sekolah.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima aspirasi ketika berkantor di Medan Utara, salah satunya kaum ibu kesulitan angkutan umum yang membawa anak mereka ke sekolah di Belawan Sicanang, Medan, Jumat (7/10).

"Semoga ini dapat berdampak dengan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak kita," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menjelaskan bus sekolah ini beroperasi setiap hari mulai pukul 6.00 WIB - 8.00 WIB dilanjutkan siang dan sore hari untuk mengantar dan menjemput anak-anak pulang sekolah.

Sedangkan titik antar jemput anak sekolah ini, yakni Simpang Sicanang Belawan - Lapangan Sicanang di Lingkungan XII, Kelurahan Belawan Sicanang, Medan.

"Satu hari bus sekolah beroperasi tiga kali, tapi bukan tiga trip. Sebab bus sekolah beroperasi berkali-kali membawa anak sekolah, dan disesuaikan kebutuhan anak sekolah," terang dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar mengharapkan bantuan bus sekolah Pemkot Medan ini bisa meningkatkan optimalisasi akses pendidikan para siswa di Belawan Sicanang.

"Kita harapkan ke depan bisa dikembangkan kepada program-program di kecamatan lain yang ada sekolahnya, tapi kesulitan mengakses transportasi ke sekolah," katanya.

Baca juga: Pemprov Aceh sediakan transportasi antar jemput pelajar SLB

Baca juga: Bus sekolah DKI angkut 16.000 siswa selama PTM 100 persen

Baca juga: Tingkatkan karakter, 211 awak bus sekolah ikut bimbingan kepribadian

Baca juga: Bus sekolah kembali layani antar dan jemput pelajar

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022