Jakarta (ANTARA) - Pemerintah dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyerahkan penghargaan Paritrana Award Tahun 2021 di Jakarta, Kamis, kepada sejumlah pelaku dan badan usaha serta pemerintah daerah yang memiliki kepedulian terhadap perlindungan pekerja.

"Atas dukungan dan kepedulian Pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta pelaku usaha; maka penghargaan Paritrana Award ini diberikan bagi pemda dan badan usaha. Ini bagian wujud apresiasi atas partisipasi atas bapak, ibu semua," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) dan Penyerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis.

Paritrana Award Tahun 2021 merupakan program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Penghargaan ini dalam rangka memberikan apresiasi kepada pemda, pelaku usaha, yang telah mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan," tambahnya.

Baca juga: Wapres: Pemerintah dukung jaminan sosial untuk lindungi pekerja

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan saat ini merupakan tahun kelima Paritrana Award diberikan, untuk penilaian tahun 2021 dengan diikuti oleh 34 pemerintah provinsi, 514 pemerintah kabupaten dan kota, serta lebih dari 700.000 badan usaha yang diseleksi panitia tingkat provinsi.

Setelah seleksi tingkat provinsi, selanjutnya 34 pemerintah provinsi, 132 pemerintah kabupaten dan kota, 158 badan usaha skala besar, 150 badan usaha skala menengah, dan 34 badan usaha skala mikro mengikuti seleksi tingkat nasional.

"Dan berdasarkan penilaian akhir panitia pusat, berhasil lolos 12 kandidat provinsi, sembilan kabupaten kota, 10 badan usaha skala besar, dan sembilan badan usaha kecil serta menengah untuk mengikuti proses wawancara," jelas Muhadjir.

Dia mengatakan Paritrana Award akan terus diberikan untuk mengapresiasi pemerintah daerah dan para pemberi kerja yang berkomitmen memberikan perlindungan bagi pekerja.

Baca juga: Wapres sebut jamsostek sangat penting di era pandemi COVID-19

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya memberikan apresiasi serta ucapan selamat kepada para penerima penghargaan Paritrana Award Tahun 2021. Dia berharap dengan mendapatkan penghargaan tersebut,  perlindungan dan kesejahteraan bagi para pekerja dapat terus terlaksana dan lebih baik.

"Saya mengucapkan selamat kepada para penerima Anugerah Paritrana 2021. Semoga prestasi ini akan memacu motivasi untuk lebih maju lagi dalam memberikan perlindungan bagi para pekerja," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: BPJS-TK umumkan kandidat penerima Anugerah Paritrana Award 2018

Berikut adalah penerima Paritrana Award Tahun 2021:

Kategori Usaha Kecil dan Menengah (UKM):
Terbaik 1: Toko Rotu Bun Delcious, Bangka Belitung
Terbaik 2: Toko Oleh-Oleh Indang Apang Galeri, Kalimantan Tengah
Terbaik 3: Es Cendol Elizabeth, Jawa Barat

Kategori Badan Usaha Skala Menengah:
Terbaik 1: RSAB Aisyiah Bojonegoro
Terbaik 2: Perumda BPR Bank Yogya
Terbaik 3: : Pengrajin perak PT Kapit Mas Bali

Kategori Badan Usaha Skala Besar:
Terbaik 1: Bank Jabar Banten
Terbaik 2: Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur
Terbaik 3: PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

Kategori Pemerintah Daerah Provinsi:
Terbaik 1: Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Terbaik 2: Pemerintah Provinsi Papua Barat
Terbaik 3: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Kategori Khusus Badan Usaha dan Pemerintah Daerah:
PT Bank Pembangunan Daerah Bali
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara

Baca juga: Wapres serahkan Paritrana Award 2020 secara daring

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022