Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia menguat pada awal perdagangan Kamis, sehari sebelum bank sentral dijadwalkan bertemu untuk keputusan penetapan suku bunganya.

Pada pukul 07.10 GMT, rubel terangkat 0,4 persen terhadap dolar AS menjadi diperdagangkan di 61,51, dan berdiri di 61,57 terhadap euro dan naik 0,5 persen pada penutupan hari sebelumnya.

Mata uang Rusia juga naik 0,3 persen terhadap yuan China di 8,47. Mata uang China telah menjadi barometer yang semakin penting bagi Moskow karena mencoba untuk mempercepat hubungan ekonomi dengan Beijing dan mengurangi ketergantungannya pada mata uang Barat.

Meskipun periode pajak akhir bulan yang telah mendukung rubel dalam sesi terakhir sekarang mereda, mata uang tetap di depan menjelang pertemuan bank sentral pada Jumat (28/10/2022).

Regulator diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada level mereka saat ini sebesar 7,5 persen, menurut jajak pendapat Reuters, mengakhiri bulan pemotongan suku bunga besar yang telah melihat biaya pinjaman dipangkas dari tingkat darurat mereka sebesar 20 persen, ditetapkan beberapa hari setelah Moskow mengirim puluhan ribu pasukan ke Ukraina dan Barat mulai memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia.

Setelah dua minggu keuntungan yang telah menambahkan lebih dari 10 persen ke pasar saham lokal, saham Rusia naik sedikit pada Kamis pagi. Indeks RTS dalam denominasi dolar naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.091,1 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 2.129,7 poin.

"Pasar Rusia belum siap untuk pertumbuhan jangka panjang. Oleh karena itu, dalam beberapa hari setiap kenaikan akan menyebabkan aksi ambil untung," kata analis di bank milik negara Otkritie dalam sebuah catatan penelitian pada Kamis.

Baca juga: Rubel sedikit melemah karena akhir periode pembayaran pajak mendekat

Baca juga: Rubel stabil dekat 61 terhadap dolar, keputusan suku bunga dalam fokus

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022