Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pengkep), Sulawesi Selatan fokus melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik peserta Pemilu 2024 di empat kecamatan terluar di daerah itu.

Ketua KPU Pangkep Burhan saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan masih dari empat kecamatan itu, ada dua kecamatan yang hingga kini bahkan belum tersentuh karena jarak dan kondisi cuaca yang tidak mendukung yakni Kecamatan Tupabiring dan Tupabiring Utara.

"Tim verifikasi sesuai rencana baru akan berangkat menuju dua kecamatan itu pada Sabtu (29/10) mendatang. Ada sebanyak 25 pulau yang ingin kita datangi untuk proses verifikasi," ujarnya.

Sementara untuk dua kecamatan lainnya yakni Kecamatan Liukang Tangayya dan Kecamatan Kalmas, kata dia, sudah sementara dalam proses verifikasi. Bahkan tim dari Kecamatan Kalmas sesuai laporan akan tiba hari ini.

"Saya belum mendapatkan info apakah laporan tim dari pulau tersebut sudah masuk karena kebetulan saya juga masih ada di lapangan. Kita rencana ada pertemuan dalam waktu dekat untuk membahas data-data terbaru," katanya.

Ia menjelaskan, kondisi wilayah di Pangkep memang tidak sama dengan daerah lain karena memiliki banyak wilayah terluar. Untuk itu proses verifikasi juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merampungkan.

"Untuk verifikasi faktual keanggotaan parpol masih sementara berproses. belum.Kami belum merangkum karena masih ada wilayah terluar yang harus kita datangi. Ada juga tim kami ini belum kembali dari wilayah kepulauan yang non signal," jelasnya.

"Ada sebanyak kurang lebih dua ribuan keanggotaan parpol yang akan kita verifikasi untuk menghadapi Pemilu dan pilkada 2024," lanjut dia.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022