Samarinda (ANTARA) - Kegiatan Kemah Pemuda Nasional Indonesia sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 28 Oktober 2022 menjadi momentum bagi pemuda untuk bersama membangun nusantara.

"Pemuda adalah aktor penting dalam setiap pembangunan, mulai sektor UMKM hingga untuk transformasi digital, termasuk aktor penting dalam pembangunan nusantara," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian di Samarinda, Kamis.

Ia meyakini para pemuda di nusantara sudah memiliki visi untuk membangun bangsa lebih maju dan mandiri sehingga melalui Kemah Pemuda Indonesia sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 pada 2022 ini diharapkan menjadi momentum penting menyamakan persepsi demi Indonesia lebih baik.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Timur ini juga telah menjadwalkan mengikuti Kemah Pemuda Indonesia di Titik Nol IKN tersebut, sekaligus menjadi bagian dari rangkaian reses yang telah dilakukan sebanyak empat kali selama Oktober ini.

Sebelumnya, Hetifah mengadakan reses dengan mengunjungi berbagai daerah di Kaltim, di antaranya sejumlah lokasi di Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Kota Balikpapan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, pertemuan dengan penerima beasiswa KIP Kuliah, termasuk diskusi kelompok terpumpun Klinik Bahasa Negara (Klisara) IKN oleh Kantor Bahasa Kalimantan Timur di Kota Samarinda.

"Pada reses kali ini saya fokus mengarah pada aspek kepemudaan karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Saya juga akan membuka Kirab Sumpah Pemuda, yakni untuk kegiatan Road To Nusantara Fashion Week, kemudian membuka pelatihan barista se-Kaltim," katanya.

Hetifah mengaku ingin terlibat langsung dan mendengar lebih dekat suara anak muda Kaltim yang akan menjadi generasi emas pada 2045. Ia juga mengajak para pemuda Indonesia tetap bersatu agar makin kuat supaya lebih mudah dalam rangka memajukan nusantara.

"Para pemuda dan generasi milenial merupakan kaum yang akan mengisi dan menggerakkan nusantara nantinya sehingga melalui Kemah Pemuda di IKN ini akan menjadikan persatuan dan kesatuan mereka makin kuat. Ini menjadi modal utama untuk membangun," ujarnya.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022