Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menginstruksikan kepada Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) setempat untuk memastikan agar seluruh pompa air berfungsi dengan baik.

Anwar mengatakan, pompa air tersebut diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan di lokasi yang dinilai rawan terutama saat musim hujan seperti saat ini.

“Arahan saya tadi kepada Sudin SDA untuk menyiapkan seluruh pompa di Jakarta Timur agar berfungsi dengan baik. Terutama di wilayah rawan banjir ataupun genangan. Petugas juga agar 'standby' (siaga) dengan alat-alat pendukung," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Kamis.

Anwar juga meminta kepada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur untuk membantu kesiagaan personel menghadapi genangan.

“Sudin Gulkarmat juga harus bisa membantu jika dari Sudin SDA pompanya kurang bisa dilakukan penyedotan, agar air tidak sampai masuk ke rumah warga,” ujar Anwar.

Baca juga: Heru tunda cuti ASN yang tangani bencana selama musim hujan
Baca juga: Pemkot Jaktim keruk Waduk Cilangkap untuk tampung debit air saat hujan

Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Timur telah menambah dua pompa mobile trailer baru untuk mengantisipasi terjadi genangan air saat musim hujan.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, dua pompa yang berkapasitas 1.000 liter per detik itu sudah diujicoba pada pekan lalu dan berfungsi normal.

"Dua unit pompa mobile trailer sudah kita uji coba pekan lalu dan hasilnya sangat bagus. Ini dapat mengatasi genangan saat debit air tinggi dan melimpas ke pemukiman warga," kata Tengku Saugi Zikri.

Dua pompa itu juga masing-masing dilengkapi empat lubang pipa pembuangan berdiameter 25 sentimeter.

Kedua pompa itu akan ditempatkan di RW05 Kelurahan Rawa Terate, Cakung dan di RW 16 Komplek Perumahan Cipinang Indah, Cipinang Muara, Jatinegara.
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022