Kamar mandi sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap pemilik rumah, dan kini memasuki proses pengerjaan.
Jayapura (ANTARA) -
Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 1708/Biak Numfor menyebutkan salah satu persyaratan menjadi rumah sehat yakni memiliki kamar mandi keluarga di Kampung Sorido, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Anggota Satgas TMMD Sertu Yani dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor, di Jayapura, Kamis, mengatakan ketersediaan kamar mandi keluarga itu menciptakan lingkungan yang sehat di dalam keluarga dan kebersihan pada diri sendiri.
 
"Kamar mandi sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap pemilik rumah, dan kini memasuki proses pengerjaan," katanya pula.
 
Menurut Yani, kalau tidak ada kendala mungkin dua hari ke depan pembuatan kamar mandi tersebut bisa dapat diselesaikan, apalagi kini dalam tahap pemasangan batu dan pengecoran.
 
"Ini juga merupakan salah satu sasaran fisik pembangunan rumah dengan kamar mandi yang sesuai dengan standar dari kesehatan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dengan pembangunan kamar mandi tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara sehat, agar masyarakat tidak mandi dan BAB (buang air besar) di sungai sehingga dapat mencemari lingkungan.
 
"Standar rumah sehat adalah memiliki kamar mandi, kami tidak ingin dalam pengerjaan rumah ini asal-asalan, sehingga selain bermanfaat untuk tempat berlindung dari hujan dan panas, rumah ini juga memenuhi syarat untuk dihuni," katanya lagi.
 
Ia menambahkan dengan adanya kamar mandi milik keluarga di masing-masing rumah nantinya, pemilik rumah akan merasa nyaman dan dapat menciptakan lingkungan keluarga yang sehat.
Baca juga: Kodim 1708/Biak Numfor targetkan TMMD selesai sebelum penutupan
Baca juga: Danki Satgas TMMD mengecek pembangunan rumah di Kampung Sorido

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022