Tangerang, Banten (ANTARA) - Sejumlah delegasi dari negara-negara anggota Forum Internasional Kemitraan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur (PNLG) mengunjungi kawasan permukiman Pantai Indah Kosambi 2 (PIK 2) di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Dimana sebelum di bangun ini adalah daerah daerah kawasan pertambakan yang sudah tidak produktif dan tidak bisa ditanami udang. Dan sekarang kita bisa lihat setelah dirubah menjadi daerah yang produktif serta menciptakan lapangan pekerjaan," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mengantar delegasi itu di Tangerang, Kamis.

Baca juga: Sejumlah delegasi peserta PEMSEA PNLG tiba di Tangerang

Dalam kunjungan tersebut, merupakan bagian dari agenda kegiatan pelaksanaan PEMSEA PNLG yang diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, sebagai daerah percontohan dalam melakukan pengembangan wilayah pesisir.

Pada kegiatan kunjungan itu, para delegasi langsung diberikan pemaparan terkait proses pengembangan serta penunjukan titik-titik kawasan pesisir oleh pihak swasta yang merupakan pengembang dari kawasan itu.

Bertepatan di Pantai Pasir Putih PIK 2, Bupati Zaki pun menyampaikan kepada para delegasi itu atas hasil penataan kawasan pesisir menjadi wilayah produktif sebagai pengembangan ekonomi daerah.

Baca juga: Ini alasan Kabupaten Tangerang ditunjuk jadi tuan rumah PEMSEA 2022

Kemudian, melalui kunjungan ini, ia pun berharap delegasi PEMSEA PNLG mendapat pengalaman berharga untuk melakukan penataan dan pengembangan wilayah pesisir yang sama.

"Seperti sekarang di kawasan PIK 2 ini sudah tercipta dan terdata hampir 200 ribu pekerjaan langsung dari tenaga konstruksi, jasa dan lain sebagainya. Dimana dari 200 ribu ini juga telah menciptakan efek domino pada lingkungan sekitar," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Tangerang minta masyarakat jaga ekowisata Ketapang Aquaculture

Sebagai agenda selanjutnya, kata Zaki, pada Jumat (29/10) pihaknya akan kembali menunjukkan kepada anggota forum Internasional Kemitraan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur untuk melihat urban aquaculture daerah pesisir di Ketapang, Kecamatan Mauk yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah.

"Besok adalah skema pemerintah daerah yang bekerja sama dengan Kementerian terkait. Dengan lebih mempertahankan kawasan permukiman nelayan dan penambahan fasilitas atau opsi pergerakan UMKM. Baik Blue Economy, Green Economy bagi masyarakat setempat," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022