Jujur kecewa dengan kekalahan ini tapi mungkin memang rezekinya sampai di sini
Jakarta (ANTARA) - Tiga wakil andalan Indonesia belum mampu melangkah lebih jauh pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior (WJC) 2022 setelah dijegal oleh China pada babak 16 besar turnamen yang berlangsung di arena Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, Kamis.

Kekalahan pertama diderita ganda campuran Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani. Unggulan sembilan itu kalah dari Yu Hao/Qin Hui Zhi 19-21, 21-15, 26-28 setelah berjuang selama 73 menit.

Faza/Jessica sebetulnya memiliki kesempatan untuk memenangi pertandingan karena mencetak match point lebih dulu dalam kedudukan 20-16 pada gim penentuan. Namun, keadaan justru berbalik karena keduanya terburu-buru ingin menyelesaikan pertandingan.

Baca juga: Tiga tunggal putri Indonesia melaju ke babak keempat WJC 2022

"Di gim ketiga kami terlalu terburu-buru mau memastikan kemenangan. Kurang tenang dan rasa ingin menangnya besar sekali tapi malah kurang kontrol dan akhirnya blunder sendiri," kata Faza dalam keterangan tertulis PBSI yang diterima di Jakarta.

"Jujur kecewa dengan kekalahan ini tapi mungkin memang rezekinya sampai di sini. Ke depan kami harus lebih tenang, tidak boleh menggebu-gebu, harus fokus dan jernih pikirannya," sambung Faza.

Tak lama berselang, kekalahan juga diderita atlet tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari yang takluk kepada Yuan An Qi setelah melalui pertarungan rubber game 21-16, 7-21, 16-21. Banyak melakukan kesalahan sendiri diakui Mutiara sebagai penyebab kekalahannya.

"Di gim pertama permainan saya sudah enak, bisa mengeluarkan pola apa yang saya mau," ucap Mutiara.

"Di gim kedua ternyata sisi lapangan ini agak silau, itu mungkin yang lawan rasakan di gim pertama. Jadi dia memanfaatkan hal itu sementara saya masih belum bisa beradaptasi. Selain itu, dia juga bermain lebih cepat. Di gim ketiga start-nya sudah lumayan bagus tapi saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri, akhirnya malah panik dan bingung," Mutiara menjelaskan.

Baca juga: Zaidan/Felisha tanpa kesulitan rebut tiket babak keempat WJC 2022

Juara Indonesia International Series 2022 itu mengaku cukup senang dan puas atas hasil yang ia raih di WJC 2022. Mutiara berjanji memberikan penampilan yang lebih baik lagi jika mendapatkan kesempatan tampil di ajang tersebut.

"Cukup senang dan puas dengan hasil di Kejuaraan Dunia Junior pertama saya ini bisa sampai di babak 16 besar apalagi saya akui gengsi dan persaingan di sini sangat ketat. Tahun depan kalau saya diberikan kesempatan lagi, saya mau coba memberikan yang lebih lagi," ucap dia.

Kekalahan ketiga wakil Indonesia atas China dialami ganda campuran Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania. Rafli/Dania kalah dari Zhu Yi Jun/Liu Sheng Shu 15-21, 15-21.

Sejauh ini Indonesia baru meloloskan satu wakil melalui ganda campuran, Zaidan Arrafi Nabawi/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu ke babak perempat final WJC 2022. Zaidan/Felisha menang atas wakil Prancis unggulan dua, Lucas Renoir/Tea Margueritte dua gim langsung 21-14, 21-14.

Baca juga: Bodhi tantang unggulan pertama untuk tiket perempat final WJC 2022

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022