Canberra (ANTARA) - Inflasi tahunan Australia melonjak ke level tertingginya dalam lebih dari 30 tahun terakhir di tengah meroketnya harga rumah dan gas.

Biro Statistik Australia pada Rabu (26/10) melaporkan bahwa indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) naik 1,8 persen pada periode tiga bulan, yang berakhir 30 September, dan naik 7,3 persen dalam 12 bulan terakhir.

Angka tersebut menjadi angka tahunan tertinggi sejak 1990.

Menurut data, biaya untuk membeli atau membangun rumah baru naik 3,7 persen pada kuartal yang berakhir September dan naik 20,7 persen selama satu tahun terakhir.

Harga gas meningkat 10,9 persen pada kuartal tersebut, harga furnitur naik 6,6 persen, dan harga makanan naik 3,2 persen.

Kenaikan-kenaikan ini sedikit diimbangi oleh penurunan 4,3 persen pada harga bensin.

Data tersebut dirilis sehari setelah Menteri Keuangan Australia Jim Chalmers menyerahkan anggaran federal untuk tahun finansial 2022-2023.

Anggaran itu memproyeksikan inflasi akan mencapai puncaknya di angka 7,75 persen pada akhir tahun ini sebelum turun ke angka 3,5 persen pada 2023-2024.

Chalmers dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Rabu menuai kritik akibat krisis listrik yang membayangi.

Menurut anggaran, tarif listrik Australia akan dinaikkan 56 persen selama 18 bulan ke depan, sedangkan harga gas dinaikkan 44 persen.
 
Menurut data, biaya untuk membeli atau membangun rumah baru naik 3,7 persen pada kuartal yang berakhir September dan naik 20,7 persen selama satu tahun terakhir.   


Albanese menyalahkan koalisi konservatif, yang memerintah selama sembilan tahun sebelum akhirnya kalah dalam pemilihan umum Mei lalu, yang dianggapnya gagal mempersiapkan negara untuk menghadapi lonjakan harga listrik.

"Tagihan listrik akan lebih murah jika investasi diberikan untuk energi yang lebih murah," tutur Albanese kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC).

"Itu akan makan waktu, tentu saja. Kita tidak dapat membalikkan keadaan dalam sebulan."

Di dalam pidatonya menyangkut anggaran, Chalmers menyinggung soal intervensi pada pasar listrik untuk mencegah krisis.

Juga pada Rabu, dia mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan "banyak pilihan."

"Kami menyampaikan dengan sangat jelas bahwa kami akan mempertimbangkan ragam pilihan yang lebih luas daripada yang mungkin dipertimbangkan pada masa lalu," tuturnya kepada Nine Radio.

Peter Dutton, pemimpin oposisi, mengkritik anggaran tersebut karena dianggapnya gagal mengatasi kenaikan biaya hidup secara langsung.

"Jadi, bagi warga berpendapatan tetap, para pensiunan, pensiunan dengan dana sendiri, mereka benar-benar (berjuang) mengatasinya di dalam anggaran ini, dan ini anggaran yang suram," kata Dutton kepada ABC. 

Saya mencemaskan keluarga-keluarga yang sudah kesulitan membayar biaya hipotek yang meningkat," ujarnya.

Chalmers mengatakan inflasi menjadi pengaruh utama pada anggaran.

Ia mengatakan dirinya mengerti bahwa warga Australia di mana pun saat ini berada dalam tekanan. 

"Apa yang kami lakukan dalam anggaran ini, yang memberikan keringanan biaya hidup namun dengan cara yang bertanggung jawab dan tidak mendorong inflasi, benar-benar penting," ujar Chalmers.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022