Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengungkapkan komitmen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) per September 2022 telah mencapai Rp236 triliun.

"Kita di BUMN itu komitmen kita untuk TKDN adalah sebesar Rp296 triliun, sedangkan per September kemarin sudah tercapai Rp236 triliun, artinya sudah 78,9 persen dan hal itu menurut hemat kami sudah sangat baik," ujar Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto di Jakarta, Kamis.

Susyanto berharap komitmen TKDN Kementerian BUMN per Desember tahun ini nantinya bisa mencapai Rp296 triliun.

Presiden RI Joko Widodo sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 tahun 2022 , di mana untuk BUMN diharapkan juga agar supaya meningkatkan TKDN.

Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen BUMN untuk meningkatkan TKDN, selain itu juga sesuai Perpres Kementerian BUMN diminta untuk melakukan substitusi impor.

"Kami sudah kumpulkan juga kemungkinan besar seperti misalkan kebutuhan-kebutuhan PLN dan Pertamina yang masih banyak impor, itu bisa digantikan oleh salah satu BUMN misalkan Krakatau Steel. Waktu itu kita sudah temukan dan Insya Allah hal tersebut juga bisa mengurangi ketergantungan impor," kata Susyanto.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan produk Indonesia tidak kalah bersaing dari produk bangsa lain.

Dia mengatakan, Presiden RI Joko Widodo telah begitu tegas menitipkan kepada seluruh kementerian, lembaga negara, Pemda dan Kementerian BUMN agar memaksimalkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) produk Indonesia.

Erick juga tentu mengapresiasi perusahaan-perusahaan BUMN yang senantiasa memperhatikan dan mendahulukan kepentingan TKDN dalam pengambilan keputusan, di mana perhatian dan pembelaan yang meningkat terhadap TKDN juga menyebar di berbagai sektor industri seperti energi, manufaktur, pangan, mineral dan batu bara serta sebagainya.

Dari TKDN juga secara nyata dapat mewujudkan penyerapan serta kesejahteraan sosial yang berkeadilan untuk membawa Indonesia maju, makmur dan mendunia.

Baca juga: TKDN hadirkan sistem IoT keselamatan armada di STF 2022
Baca juga: Kemenperin targetkan sejuta industri kecil miliki sertifikat TKDN
Baca juga: Kemenperin: Sertifikasi TKDN industri kecil gratis dan dinilai mandiri

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022