Jakarta (ANTARA) - Real Sociedad kokoh di puncak klasemen dengan 15 poin setelah mencatat kemenangan kelima usai menaklukkan tuan rumah Omonia Nicosia 2-0 dalam pertandingan Grup E Liga Europa yang berlangsung Jumat dini hari WIB.

Dua gol yang dibuat Robert Navarro pada menit 45+2 dan Brais Méndez pada menit ke-60 memang membawa Sociedad lima kali mencatat poin sempurna namun peluang otomatis lolos ke 16 besar masih belum aman karena dalam hari yang sama Manchester United juga menang 3-0 atas Sheriff Tiraspol sehingga mereka kini cuma tiga poin di bawah Sociedad.

Kedua tim bakal bertemu dalam pertandingan terakhir grup ini di Spanyol dengan Sociedad cukup mencatat hasil seri agar lolos otomatis ke 16 besar. Sebaliknya United harus menang dengan menang selisih dua gol dari Sociedad agar bisa memuncaki grup ini dan tiket lolos otomatis ke 16 besar.

United menaklukkan Sheriff Tiraspol 3-0 berkat gol-gol yang diciptakan Diogo Dalot pada menit ke-44, Marcus Rashford menit 65 dan Cristiano Ronaldo menit ke-81. Sheriff dan Omonia Nicosia sudah tersingkir dari babak ini.

Di Grup H, Ferencvaros memuncaki grup ini dengan 10 poin setelah seri 1-1 melawan AS Monaco yang kini mengemas 7 poin. Ferencvaros hanya membutuhkan hasil seri dalam pertandingan terakhir pekan depan untuk memastikan menjadi juara grup dan sekaligus lolos otomatis ke 16 besar.

Wissam Ben Yedder membawa Monaco unggul lebih dulu pada menit ke-31 yang baru disamakan tuan rumah pada menit ke-81 dari gol Kristoffer Zachariassen.

Dalam grup yang sama Red Star Belgrade menaikkan harapan lolos ke playoff 16 besar setelah menang 1-2 atas Trabzonspor. Kedua tim kini sama-sama mengemas 6 poin.

Aleksandar Katai membawa Red Star unggul pada menit ke-37 tapi dua menit kemudian disamakan oleh gol Anastasios Bakasetas. Aleksandar Pesic kemudian memastikan kemenangan Red Star lewat golnya pada menit ke-64

Di Grup G, Nantes menjaga asa ke playoff 16 besar setelah menang 2-1 atas FK Qarabag. Tetapi Qarabag unggul satu poin di atas Nantes dengan tujuh poin. Nasib mereka ditentukan dalam pertandingan terakhir mereka pekan depan.

Nantes unggul lebih dulu pada menit ke-16 lewat gol Ludovic Blas. Qarabag menyamakan kedudukan pada menit ke-56 dari tendangan penalti Filip Ozobic. Ketika laga sepertinya akan berakhir seri, pada menit 90+4 Ignatius Ganago menjadi penentu kemenangan Nantes yang menghidupkan asa mereka lolos ke babak berikutnya.

Dalam pertandingan Grup G lainnya, tuan rumah SC Freiburg yang sudah memastikan lolos ke 16 besar ditahan seri 1-1 oleh tim tamu Olympiakos, namun dengan posisi 13 poin Freiburug sudah tak mungkin disusul siapa pun. Sebaliknya Olympiakos sudah tersingkir dari ajang ini.

Youssef El Arabi membawa Olympiakos memimpin lebih dulu pada menit ke-17 yang baru disamakan Lukas Kübler pada menit 90+3.

Persaingan sengit terjadi di Grup F ketika keempat tim sama-sama masih berpeluang lolos ke 16 besar menjelang pertandingan terakhir mereka pekan depan.

Di Grup ini, Lazio hanya memuncaki grup karena berbeda selisih gol atas SK Sturm Graz dengan sama-sama mengumpulkan delapan poin. Tetapi Midtjylland dan Rotterdam yang sama-sama mengemas 5 poin juga masih memiliki harapan lolos.

Hari ini Lazio menang 2-1 atas FC Midtjylland walaupun sempat tertinggal 0-1 pada menit kedelapan akibat gol Gustav Isaksen. Mereka berbalik menang 2-1 berkat gol Sergej Milinkovic-Savic pada menit ke-36 dan Pedro pada menit ke-58.

SK Sturm Graz juga mengemas tiga poin setelah menaklukkan Feyenoord Rotterdam 1-0 berkat gol semata wayang yang disarangkan Otar Kiteishvili pada menit 90+3.

Dalam pertandingan lainnya di Grup C, AS Roma menjaga asa ke 16 besar dengan tiket playoff setelah mengalahkan tuan rumah HJK Helsinki 2-1.

Kemenangan Roma berkat gol bunuh diri Arttu Hoskonen pada menit ke-62, setelah kedua tim seri 1-1 usai gol Tammy Abraham pada menit ke-41 dibalas oleh tuan rumah pada menit 54 dari gol Perparim Hetemaj.

Dari grup ini Real Betis memastikan lolos dengan 13 poin sehingga posisinya di puncak klasemen tak bisa disusul siapa pun termasuk Roma.



Baca juga: AS Roma raih kemenangan tipis 2-1 atas HJK Helsinki
Baca juga: Union St.-Gilloise dan Real Betis lolos ke 16 besar Liga Europa
Baca juga: PSV Eindhoven tekuk Arsenal dua gol tanpa balas
Baca juga: Dipermalukan Bayern 0-3, Barcelona turun ke Liga Europa

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022