Jakarta (ANTARA) - West Ham United menyusul Villarreal lolos ke 16 besar Liga Conference Europa setelah dalam pertandingan kelimanya pada Grup B menang tipis 1-0 atas tim tamu Silkeborg berkat gol Manuel Lanzini.

Di Grup A, Fiorentina juga ke 16 besar setelah menang 2-1 atas Istanbul Basaksehir.

Di Grup D, laga Cologne melawan tuan rumah Slovacko ditunda karena kabut.

Berikut ringkasan hasil 16 pertandingan fase grup Liga Conference. Delapan juara grup lolos otomatis, sedangkan delapan peringkat kedua akan bertemu dalam babak playoff 16 besar.

Grup A
Fiorentina 2, Istanbul Basaksehir 1
Fiorentina tertinggal lebih dulu pada menit ke-14 dari gol Danijel Aleksic namun Luka Jovic balik membawa timnya menang berkat dua gol pada menit 26 dan 61.

Heart of Midlothian 2, Rigas Futbola Skola 1
Tuan rumah sudah unggul 2-0 dalam kurun 12 menit dari gol Lawrence Shankland dan Andy Halliday, sebelum tim tamu memperkecil kedudukan pada menit 39 dari gol Kevin Friesenbichler.

Basaksehir sementara memuncaki grup ini dengan 10 poin, disusul Fiorentina pada urutan kedua dengan 7 poin. Dua tim lainnya tersisih.

Grup B
Anderlecht 2, FCSB 2

Balas membalas gol terjadi, ketika Yari Verschaeren mencetak gol untuk Anderlecht pada menit 38 yang disamakan Andrea Compagno pada menit 60. Tuan rumah kembali memimpin pada menit 75 berkat gol Jan Vertonghen sebelum Joyskim Dawa membawa FCSB kembali menyamakan kedudukan pada menit 82.

West Ham United 1, Silkeborg IF 0
Gol semata wayang Manuel Lanzini dari titik penalti pada menit 24 membawa West Ham memetik tiga poin.

West Ham lolos ke 16 besar, Silkeborg dan Anderlecth berpeluang masuk playoff.

Grup C
Austria Vienna 1, Lech Poznan 1

Mikael Ishak mengantarkan Poznan unggul lebih dulu pada menit 48 dan disamakan Can Keles pada menit 69.

Villarreal 2, Hapoel Be'er 2
Kedua gol Villarreal dicetak Samu Chukwueze pada menit 57 dan Arnaut Danjuma pada menit 70, sedangkan tim tamu mencetak dua gol pada menit 48 dan 79 masing-masing dari penalti Tomer Hemed dan gol Sagiv Yehezkal.

Villarreal sudah sejak dua pekan lalu memastikan lolos ke 16 besar dan kini sudah memastikan pula sebagai juara grup. Poznan dan Hapoel berpeluang ke playoff, sedangkan Vienna tersisih.

Grup D
Nice 2, Partizan Belgrade 1

Nicolas Pepe membuat Nice memimpin 1-0 pada menit 29 namun disamakan Ricardo Gomes pada menit 74, sebelum Mario Lemina mencetak gol kemenangan pada menit 77

Slovacko vs FC Cologne, batal

Satu laga dalam grup ini urung digelar, sedangkan Belgrade memimpin grup ini dengan 8 poin, disusul Nice 5 poin.

Grup E
FC Vaduz 1, AZ Alkmaar 2

Tim tamu mencetak dua gol dari Milos Kerkez pada menit 50 dan Myron van Brederode menit 75. Tuan rumah memperkecil kekalahan lewat gol Nicolas Hasler pada menit 76

SC Dnipro 1, Apollon Limassol 0
Gol semata wayang dalam laga ini dicetak Oleksandr Pikhalyonok pada menit 39.

Alkmaar yang memuncaki klasemen dengan 9 poin tinggal satu kemenangan lagi untuk merebut tiket otomatis ke 16 besar, sedangkan Dnipro menguntit pada urutan kedua dengan 7 poin.

Grup F
Molde 2, Djurgardens 3

Molde sempat unggiul 2-0 lewa gol Ola Brynhildsen pada menit kelima dan Markus Kaasa menit 21. Tetapi tim tamu berbalik menang berkat gol Victor Edvardsen pada menit 44, Joel Asoro menit 67 dan Haris Radetinac (menit 76.

Shamrock Rovers 1, KAA Gent 1
Rory Gaffney membawa Rovers unggul lebih dulu pada menit ke-3 yang baru disamakan pada menit 74 oleh Hyunseok Hong
Djurgardens yang memimpin klasemen grup dengan 10 poin tinggal mendapatkan hasil seri untuk lolos otomatis ke-16 besar, sedangkan Molde dan Gent akan bersaing mendapatkan jatah playoff.

Grup G
Sivasspor 3, CFR Cluj-Napoca 0

Dua gol Mustapha Yatabare dan satu lainnya dari Max Gradel memenangkan tuan rumah yang untuk sementara memimpin klasemen grup dengan 7 poin, yang sama dengan Cluj pada posisi kedua yang hanya kalah selisih gol.

Ballkani 0, Slavia Prague 1
Gol semata wayang Ondrej Lingr pada menit 75 membawa tim tamu menang dan menghidupkan asa lolos lewat playoff.

Keempat tim dalam grup ini memiliki kesempatan relatif sama untuk lolos ke 16 besar.

Grup H
FC Basel 2, Zalgiris Vilnius 2

Dua gol Basel dalam kurun 17 menit awal babak pertama yang dibuat Andy Diouf dan Andi Zeqiri, disamakan oleh dua gol yang semuanya diborong
Mathias Oyewusi pada menit 42 dan 62.

Slovan Bratislava 2, Pyunik 1
Pyunik bukan saja menyianyiakan memuncaki grup ini tapi juga membuang kesempatan menang setelah unggul lebih dulu pada menit 64 dari gol penalti Eugeniu Cociuc . Dua gol dalam kurun satu menit pada lima menit terakhir pertandingan yang dibuat Guram Kashia dan Eric Ramírez membuat Bratisliva menghidupkan asa lolos ke 16 besar.


Baca juga: Hasil Liga Conference; West Ham menang, pemain Curacao cetak gol
Baca juga: Buntut ricuh Nice vs Cologne, polisi Jerman gerebek sejumlah rumah
Baca juga: Italiano tak menyangka Fiorentina takluk dari Istanbul Basaksehir

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022