Masalahnya selama ini kan kurang peka satu sama lain karena pengaruh mental blok
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan mengatakan kerjasama ASEAN dan Amerika Latin akan berlanjut jika persepsi masyarakat dunia soal mental blok bisa dihilangkan.

"Masalahnya selama ini kan kurang peka satu sama lain karena pengaruh mental blok. Hanya mau kerjasama ke negara yang diketahui saja sehingga menghalangi kepentingan untuk komunikasi," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Bahkan, kata dia, walaupun ASEAN - Amerika Latin terpisah jarak jauh, namun beberapa negara Amerika Latin sudah bersedia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum berikutnya.  

"Minimum 1 tahun sekali, walaupun belum spesifik negara mana yang menjadi tuan rumah namun misi dagang sudah jelas dan konkrit," kata dia.

Hasilnya, kata dia, tidak hanya tercipta bisnis ke bisnis, korporasi dan korporasi, tapi juga tercipta kerjasama yang baik dengan pemerintah. 

"Kami akan jadikan ini real, bagaimana event seperti ini akan berlanjut, pertemuan sebelumnya mungkin belum sempurna.Tapi sekarang ASEAN Latin bisa mengisi satu sama lain, saling melengkapi," kata dia. 

Misalnya, Brazil bagus di peternakan dan pertanian bukan sekedar ekspor impor. "Tapi gimana caranya memperbaiki skenario yang ada, tidak lagi membahas masalah yang sama," kata dia.

(tri)

Pewarta: Tria Dianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012