Jakarta (ANTARA) - Organisasi massa tertua Syarikat Islam Indonesia berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan meminta kadernya agar tetap tenang dan tidak grasah-grusuh dalam menghadapi tahun politik tersebut.

Presiden Lajnah Tanfidziyah (LT) Syarikat Islam Indonesia Muflich Chalif Ibrahim mengatakan pihaknya menunggu tuntunan amaliah di dalam pesta demokrasi tersebut.

Baca juga: Syarikat Islam minta umat jaga nilai-nilai persatuan dalam bernegara

"Kita tidak cukup hanya menyukseskan penyelenggaraan Pemilu agar berjalan dengan baik dan benar, kita harus menjadikan kontestasi 2024 sebagai ladang jihad fisabilillah bagi Syarikat Islam Indonesia," ujarnya dalam Kongres Nasional ke-39 Syarikat Islam Indonesia yang digelar di Asrama Haji, Jakarta Timur, Jumat.

Muflich meminta seluruh kader maupun anggota Syarikat Islam Indonesia di seluruh daerah untuk tidak melakukan golongan putih (golput) atau abstensi, karena memberikan suara dalam politik adalah bagian dari proses demokrasi.

Menurutnya, jelang masuk tahun politik yang panas, Syarikat Islam Indonesia akan tetap fokus dalam mendinginkan suasana agar tidak muncul gejolak-gejolak sosial di masyarakat.

"(Pemilu) bukan menang atau kalah, kadang yang kita usung kalah, tapi kita tidak usah kecewa, tapi bagaimana kita mengikuti proses tahapan ini dengan baik dan benar, itu adalah kemenangan bagi kita," kata Muflich.

Baca juga: Syarikat Islam komitmen berjuang untuk perbaiki ekonomi umat

Baca juga: Syarikat Islam dorong masyarakat wujudkan 2022 menjadi tahun toleransi


Lebih lanjut, ia meminta seluruh umat Islam untuk selalu menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam bernegara demi terciptanya kondisi sosial dan politik yang stabil di Indonesia.

Muflich berpesan umat Islam harus lebih dulu menjadi faktor pemersatu dan perekat karena bila umat Islam kuat dan solid bisa memudahkan mempersatukan seluruh masyarakat sebangsa dan setanah air.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022