Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengatakan generasi muda harus bangkit bergerak memajukan bangsa dan negara.

"Sekarang kan ada di era digital. Sekarang sudah waktunya untuk generasi muda harus bangkit bergerak untuk memajukan bangsa dan negara," kata Wamendagri John Wempi Wetipo dalam keterangannya diterima di Jakarta Jumat.

Baca juga: Menkopolhukam ajak generasi muda cegah hoaks dan radikalisme
 
Generasi muda menurut Wempi juga perlu memulai berbagai terobosan, sudah saatnya pemuda melakukan berbagai kiprah positif untuk bisa membangun bangsa ke depan yang lebih baik.

Terlebih, lanjut dia ke depan bangsa Indonesia bakal merasakan dampak bonus demografi. Capaian tersebut nantinya diyakini bakal mendorong kemajuan bangsa.
 
“Mari kita bersatu untuk membangun bangsa yang besar ini dari Merauke sampai Sabang. Kenapa dari Merauke sampai Sabang, mataharinya kan dari timur Indonesia. Jadi Merauke duluan baru Sabang. Jadi mari kita bersatu padu bekerja lebih baik,” kata Wempi.
 
Dia juga mengajak para pemuda untuk terlibat aktif dalam kegiatan positif. Upaya tersebut juga sebagai wujud pemaknaan atas peringatan Hari Sumpah Pemuda.
 
Kemudian, Wempi mengajak generasi muda agar menjaga kerukunan dan menjalin persahabatan dengan siapa saja. Persahabatan tersebut lanjutnya baik kepada sesama manusia, tumbuhan, hewan, maupun alam.
 
Dirinya mencontohkan, kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda yang digelar di bawah laut diawali dengan prosesi baris berbaris di daratan, yakni di Dermaga Ditpolairud Polda Papua, kemudian dilanjutkan di bawah laut di Tanjung Kayu Batu, Jayapura, Papua.
 
“Kegiatan upacara tadi di darat sebentar, tapi di laut juga kita lakukan. Artinya memberi spirit bahwa hidup ini manusia harus seimbang (dengan alam),” ujarnya.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022