Bandarlampung (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi (PLN UID) Lampung berhasil memulihkan pasokan listrik akibat bencana banjir di Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran, pada Kamis (27/10).

"Hujan deras dan cuaca ekstrim yang mengakibatkan banjir di dua kabupaten itu dan jaringan listrik turut terkendala akibat terjangan banjir, sehingga 99 gardu listrik PLN untuk 7.145 pelanggan padam," kata General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, PLN berhasil memulihkan pasokan listrik akibat bencana banjir di dua kabupaten tersebut relatif cepat.

"Kami bersyukur, berkat kerja keras dan tanggapnya petugas, kurang dari 24 jam pasokan listrik sudah normal kembali," ujarnya.

Baca juga: PLN Lampung catat 2.996 konsumen telah konversi ke kompor induksi

Baca juga: PLN Lampung pastikan pasokan listrik aman selama siaga Lebaran


Ditambahkannya, langkah perbaikan jaringan yang relatif cepat itu dilakukan dengan memperbanyak jumlah personel pelayanan keandalan (Yandal) dan tim pemeliharaan khusus (Harsus) di lokasi terdampak padam yang didatangkan dari unit-unit pelayanan yang lokasinya berdekatan.

Berdasarkan data, padamnya listrik di dua kabupaten tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan listrik akibat terjangan banjir, di antaranya 8 tiang roboh dan kabel jaringan tegangan menengah yang turun hingga ke tanah.

Ia menjelaskan bahwa seluruh petugas PLN harus dalam kondisi yang selalu siap, prima dan tanggap untuk mengantisipasi bencana banjir, terlebih saat ini sedang mengalami musim penghujan dan cuaca ekstrem.

"Tentunya, PLN memulihkan listrik dengan pertimbangan keamanan terlebih dahulu, semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN dipastikan dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik," ujarnya.

Sindu mengajak masyarakat jika melihat potensi bahaya listrik, terutama dalam kondisi banjir, hendaknya tidak menangani sendiri dan segera melaporkan ke PLN melalui Contact Centre PLN 123 atau aplikasi PLN Mobile agar segera dapat ditangani oleh petugas.

Sementara, Mardiono Kepala Dusun Sudiwaras Desa Sukabanjar, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan mengatakan respon dan pelayanan yang dilakukan PLN baik dan cepat.

"Setelah ada laporan dari warga, petugas PLN langsung datang ke lokasi, pelayanan PLN baik dan cepat," tutupnya.*

Baca juga: PLN Lampung manfaatkan FABA bantu bedah rumah warga jadi layak huni

Baca juga: PLN investasi Rp580 juta bagi sentra ikan asin terbesar di Lampung

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022