Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Trina Fizzanty mengatakan dalam memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda, generasi muda Indonesia harus mampu membawa kemajuan bagi bangsa.

"Bagi generasi muda, masa depan Indonesia ada di tanganmu. Bekali dirimu dengan ilmu dan akhlak. Jadikan Indonesia bangsa yang maju, moderat, dan tetap dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang ramah, toleran dan saling membantu," kata Trina saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Trina menuturkan pemuda-pemudi Indonesia harus mampu tumbuh menjadi kreatif, inovatif, dan peduli terhadap bangsa untuk dapat membawa kemajuan bagi negara Indonesia.

"Kita hidup di era disrupsi karena perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi dan banyak faktor lainnya. Jadikan ini sebagai tantangan untuk menjadi pemuda yang matang, kreatif dan inovatif dan peduli akan eksistensi bangsa ini untuk seribu tahun ke depan," tuturnya.

Melalui pendidikan yang berkualitas dan inklusif, generasi muda Indonesia diharapkan mendapatkan bekal yang memadai untuk terus meningkatkan kemampuan, kreativitas, inovasi untuk berkarya meningkatkan kesejahteraan, perekonomian dan pembangunan Indonesia.

Generasi muda adalah calon pemimpin masa depan bangsa yang berperan penting memajukan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Sebelumnya, Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo mengatakan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum meningkatkan semangat kaum muda untuk membangun bangsa.

"Hari Sumpah Pemuda tahun ini merupakan momentum untuk meningkatkan semangat para pemuda Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa, utamanya pascapandemi COVID-19," ujar Anindito di Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan pemerintah mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan bangsa Indonesia.

"Kepada para pemuda Indonesia, Pemerintah Indonesia berharap upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia terus dikembangkan. Upaya ini tentu tidak lain agar para pemuda Indonesia dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi," katanya.

Baca juga: BNPT: Hari Sumpah Pemuda momentum perkuat persatuan bangsa
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022