Sebanyak 19 pasien COVID-19 dinyatakan sembuh per hari ini
Sumatera Utara (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat angka kesembuhan harian pasien COVID-19 di daerah tersebut bertambah 19 orang pada Jumat sehingga total akumulasinya mencapai 156.588 kasus.
 
"Sebanyak 19 pasien COVID-19 dinyatakan sembuh per hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat malam.
 
Sementara itu, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini mencapai 160.271 kasus setelah 33 orang dinyatakan terpapar virus corona dari hasil pengujian 1.431 spesimen per hari ini.
 
Kemudian, untuk kasus kematian akibat COVID-19 di Sumut nihil penambahan sehingga totalnya masih bertahan di angka 3.307 kasus.

Baca juga: Sudah 4,03 juta warga Sumut divaksinasi COVID-19 dosis ketiga

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sumut bertambah 15 orang
 
Berdasarkan data tersebut, maka total kasus aktif atau pasien yang tengah menjalani perawatan dan isolasi akibat COVID-19 saat ini berjumlah 376 orang.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seiring dengan ditemukannya virus COVID-19 varian XBB di Indonesia.
 
Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Dengan protokol kesehatan diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19.
 
Ia juga mengajak warga untuk menjalani vaksinasi dosis ketiga atau dosis penguat guna meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Baca juga: Kasus sembuh dari COVID-19 di Sumut bertambah jadi 156.530

Baca juga: Dinkes Sumut minta warga perketat prokes cegah COVID-19 varian XBB
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022