ternyata sangat efektif untuk menjaring atau mendeteksi masalah
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Setiabudi, Jakarta Selatan terus menggencarkan sosialisasi program Polisi Masuk RW untuk membantu warga di daerah itu menanggulangi kejahatan, sekaligus mampu melakukan pencegahan tindakan kriminal dari siapa pun.

"Rutin terus Polsek lakukan, ternyata sangat efektif untuk menjaring atau mendeteksi masalah-masalah gangguan yang ada di masing-masing RW (rukun warga)," kata Kapolsek Setiabudi Kompol Agung Permana dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu.

Agung menambahkan program ini membuat komunikasi yang terbangun menjadi dua arah, sangat komunikatif sehingga informasi sekecil apa pun bisa didapat.

Sehingga pada akhirnya, kata dia,  kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk penyelesaian masalah (problem solving) bagi warga.

Lebih lanjut Agung, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk belanja masalah karena kepolisian tidak bisa melakukan pemecahan masalah sendiri sehingga kemudian melibatkan warga dibalik keterbatasan personel Polsek.

Sejauh ini,  menurut dia, warga telah memanfaatkan program ini dengan mengadukan kegiatan-kegiatan yang menjurus ke arah kriminal sehingga bisa ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

Pihaknya selalu menanggapi aduan warga dengan mengirim personel kepolisian ke lokasi yang dilaporkan masyarakat diduga akan terjadi tindak kriminal atau mengganggu masyarakat.

Agung meyakini keselamatan dan keamanan warga adalah yang utama adalah prioritas terdepan bagi para penegak hukum.

"Nanti kegiatan ini akan merata dilakukan, jadwal putar setiap minggu per kelurahan," katanya.

Baca juga: Polsek Setiabudi gelar "Polisi Masuk RW" guna tingkatkan keamanan
Baca juga: Polrestro Jakarta Selatan gelar patroli jamin keamanan pesepeda
Baca juga: Polisi datangi tokoh masyarakat dan agama untuk cegah aksi kriminal


Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022